ATTITUDE

0
642

Bacaan Setahun:
Mikha 1-4
Mazmur. 46
Wahyu 1

ATTITUDE
“You must have the same attitude that Christ Jesus had.”Philippians 2:5 (NLT)“Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus.”Filipi 2:5

Anda harus memiliki sikap yang sama dengan sikap Yesus Kristus. Demikian terjemahan dari Philippians 2:5 versi New Living Translation. Dalam versi bahasa Indonesia Terjemahan Baru Filipi 2:5 ditulis sebagai berikut, ‘Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus’.

Kata Attitude menurut Merriam Webster Dictionary memiliki arti: 1) a mental position with regard to a fact or state (posisi mental yang berkaitan dengan fakta atau keadaan), 2) a feeling or emotion toward a fact or state (perasaan atau emosi terhadap fakta atau keadaan). Dalam arti sederhana kata attitude memiliki arti keadaan mental dan perasaan dalam menghadapi fakta atau keadaan yang terjadi.

Sikap adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Ada dua hal yang dapat kita pelajari dari attitude.

Yang pertama, attitude/sikap menentukan kehidupan kita, 1 Samuel 16:7. Sesungguhnya TUHAN melihat hati kita dan sikap hati kita, bukan penampilan luar kita. Jadi bersyukurlah dengan keberadaan kita masing-masing. Jangan goyah karena pendapat orang lain. ‘Your attitude, not your aptitude, will determine your altitude’ demikian kata Zig Ziglar yang artinya ‘Sikap anda, bukan bakat anda, akan menentukan kehormatan anda’. Sikap yang benar dan baik akan mendatangkan kehormatan.

Sekalipun kita pandai dan cerdas luar biasa, berbakat besar dan tampan atau cantik namun jika sikap kita buruk maka orang akan menjauhi kita. Sikap benar-benar sangat menentukan kehidupan kita di masa kini dan masa mendatang. Jatuh bangunnya kehidupan kita sangat ditentukan oleh sikap kita.

 

Yang kedua, attitude/sikap bisa berubah, Ephesians 4:23 (NLT). Dalam Ephesians (Efesus) 4:23 (NLT) dikatakan, ‘Instead, let the Spirit renew your thoughts and attitudes’. Dengan demikian ayat ini menyatakan bahwa ‘Sebaliknya, biarkan Roh memperbarui pikiran dan sikap anda.’ Mari kita belajar mengenali siapa diri kita.

 

Kemudian kita juga harus beradaptasi dengan lingkungan di mana kita berada. Hal yang sangat penting adalah berespon benar dan baik dalam segala situasi dan kondisi.

 

Jangan lupa untuk belajar mengerti orang lain dan bukan meminta untuk dimengerti. Lalu kita juga perlu untuk semakin terbuka dengan masukan-masukan yang diberikan oleh orang-orang yang peduli dengan kita. Sikap kita yang buruk di masa lalu bisa berubah menjadi baik dan lebih baik jika kita mau dipimpin oleh Roh Kudus. Tetaplah menjaga sikap kita benar dan baik dalam segala keadaan. God bless you. (DW)

Questions :
1. Apakah pandangan anda tentang kata ‘ATTITUDE’?
2. Mengapa ATTITUDE itu sangat penting bagi kita?

Values :
Seorang warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang menyadari bahwa hal attitude adalah hal yang sangat penting bagi kehidupannya.

Perubahan sikap menghasilkan perubahan kehidupan di masa kini dan mendatang.

“Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.”
__ Filipi 2.8

Jaman ini, alasan utama orang memuji “servant leadership (kepemimpinan yang melayani)” sebagai salah satu nilai yang baik dari seorang pemimpin adalah karena Yesus terlebih dahulu mencontohkannya. Dengan Kerendahan hati dan taat, Yesus mati di kayu salib untuk kita, Dia adalah Hamba yang sejati. Dia Juruselamat sejati.

Kristus bersedia dan taat menjadi hamba untuk menyelamatkan kita. Dia “tidak menjadikan dirinya apa-apa” agar kita dapat menerima anugerah keselamatan dan kehidupan kekal. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here