ADVANCING

0
316

🇰 🇮 🇳 🇬 ‘🇸 🇸 🇼 🇴 🇷 🇩
Senin 1 Desember 2020

Bacaan Setahun:
Neh.7
Kis. 20

ADVANCING
“Sesungguhnya, seorang raja akan memerintah menurut kebenaran, dan pemimpin-pemimpin akan memimpin menurut keadilan.”Yesaya 32:1

Setiap orang ingin mengalami perubahan yang semakin baik dalam kehidupannya. Namun ada sebagian orang yang merasa tak perlu mengalami perubahan karena ia merasa sudah berkecukupan dalam segala hal. Yah, ini berkaitan dengan pilihan dan keputusan masing-masing. Bagaimana dengan pilihan dan keputusan anda? Di bulan Desember ini tema renungan adalah ADVANCING.

Menurut Macmillan Dictionary, kata advancing yang merupakan adjective (kata sifat) yang memiliki arti moving forward or progressing yang artinya bergerak maju atau maju. Maukah anda bergerak maju dan mengalami perubahan? Apakah anda sudah tidak perlu mengalami perubahan dan kemajuan? Ada dua hal yang sangat penting dalam advancing, yaitu sustainability dan new culture.
Yang pertama, sustainability.

Hal sustainability berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan hal yang sama dengan level kualitas dan kuantitas yang sama dalam jangka panjang. Ada banyak orang dan kelompok yang mau mengalami kemajuan dan perkembangan. Sebagian dari mereka mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat. Namun sebagian tidak demikian.

Ada yang mengalami kemajuan dan perkembangan yang stabil. Ada pula yang kemajuan dan perkembangannya naik dan turun. Yang sangat dibutuhkan dalam proses kemajuan dan perkembangan diri dan kelompok adalah sustainability.

Untuk mempertahankan level kualitas dan kuantitas kemajuan dan perkembangan jangka pendek tentu jauh lebih mudah daripada melakukannya dalam jangka panjang.

Oleh sebab itu, kita perlu memiliki sustainability, yaitu kemampuan melakukan hal yang sama dengan level yang sama dalam jangka panjang. Dalam sustainability kita membutuhkan beberapa elemen penting. Untuk melakukan setiap pekerjaan, pelayanan, studi dan membangun keluarga serta kegiatan lainnya kita harus memiliki kesabaran, ketelitian, kegigihan, ketekunan, kecerdasan dan hikmat TUHAN. Tentu kita dapat menambahkan elemen penting lainnya dalam sustainability.

Yang kedua, new culture. Hal new culture berkaitan dengan budaya yang baru. Untuk memulai dan mengalami kemajuan dan perkembangan kita perlu memiliki budaya baru. Budaya baru dimulai dari hati yang baru, kemudian pikiran dan perasaan yang baru pula, kemudian tindakan-tindakan yang baru sehingga menghasilkan kebiasaan-kebiasaan baru.

Proses dari hati yang baru sampai kepada kebiasaan-kebiasaan baru akan menghasilkan budaya yang baru. Setiap pribadi dan kelompok yang siap diproses akan mengalami progress (kemajuan) dan perkembangan yang lebih cepat daripada pribadi dan kelompok yang belum siap mengalami proses kehidupan.

Hal advancing bukan sekedar mimpi, namun merupakan proses kehidupan yang terjadi dengan melibatkan sustainability dan new culture. Maukah anda mengalami kemajuan dan perkembangan? (DW)

Questions :
1. Apakah pandangan anda tentang kata ‘ADVANCING’?
2. Mengapa dalam ADVANCING kita membutuhkan sustainability dan new culture?

Values :
Seorang warga Kerajaan adalah pribadi yang mau cepat belajar, berubah, bergerak dan maju mengikuti rencana dan kehendak TUHAN yang sempurna.

Perubahan dan kemajuan selalu membutuhkan komitmen dan kesabaran.

“Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita”
__ Mazmur 100.3

Setiap kita adalah karya orisinal, yang dibuat secara pribadi oleh Tuhan. Tidak ada orang tercipta karena hasil ‘usaha manusia’. Tuhan menciptakan setiap kita dengan tangan Nya sendiri, bukan produk masal pabrik. Tuhan memikirkan kita dan merancang kita dengan begitu detail karena kasih-Nya yang luar biasa.

Tuhan menciptakan tubuh, pikiran dan jiwa kita. Dan Dia belum selesai dengan kita; Tuhan masih tetap bekerja dalam kehidupan kita. Rencana Nya yang tunggal adalah agar kita mengenal Dia lebih baik dan menghidupi kasih Yesus lebih dan lebih lagi. (***)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here