Bakohumas Diimbau Sosialisasikan Visi dan Misi Gubernur Papua

0
118

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) merupakan lembaga non struktural yang berfungsi sebagai forum kerjasama antar unit kerja bidang kehumasan.

Oleh karenanya, Bakohumas di Provinsi Papua agar dapat berperan, mempublikasikan serta mensosialisasi program pembangunan dan kebijakan pemerintah daerah kepada publik, sesuai Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua. Yakni Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan

Bakohumas juga diharapkan dapat menggaungkan informasi tentang program kerja Pemerintah, khususnya penanganan COVID-19 kepada publik. Informasi itu pun harus dibungkus sebaik mungkin, tidak setengah-setengah serta mudah dipahami masyarakat.

“Sebab jaminan dan hak masyarakat luas untuk memperoleh akses Informasi publik, juga relevan dengan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan peran Bakohumas dalam rangka melakukan kerjasama dan koordinasi yang baik, efektif, efisien dan berkesinambungan antara pemerintah dengan stakeholder lainnya,” terang Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Elsye Rumbekwan di Jayapura, Selasa (24/11/2020).

Menurut ia, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka salah satu aspek penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good governance), merupakan hak publik untuk memperoleh akses informasi seluas-Iuasnya sesuai ketentuan UU yang berlaku.

Sehingga dapat terwujud komunikasi yang persuasif, efektif dan efisien, guna menciptakan hubungan kerja yang harmonis melalui berbagai sarana kehumasan. Serta dalam rangka mewujudkan citra dan reputasi yang positif dari instansi pemerintah dan lembaga lainnya.

Lanjut dia, Humas pemerintah merupakan yang terdepan dalam menyampaikan informasi kepada publik.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan Peran Bakohumas ini, diharapkan dapat meningkatkan kerjasama setiap anggota Bakohumas tingkat Provinsi Papua dari berbagai stakeholder”.

“Serta terbangun kesepahaman tentang peran dan fungsi Bakohumas dalam rangka mempublikasikan serta  mensosialisasikan program pemerintah daerah,” harapnya.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here