Pendampingan dan Pemberian PMT Bayi Gizi Kurang Program Pertamina Sehati

0
234

TERNATE (LINTAS PAPUA)- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua bekerjasama dengan Filantra dalam upaya melaksanakan tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan terutama dalam bidang kesehatan masyarakat di wilayah operasional perusahaan melakukan kegiatan CSR pendampingan untuk Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) kepada Bayi Gizi Kurang di wilayah Kelurahan Jambula, Ternate.

Tujuan kegiatan tersebut untuk memperbaiki status gizi dan kesehatan guna mengurangi kerentanan terhadap berbagai penyakit yang menyerang bayi.
Salah satu pengurus mengatakan, “Terjadi peningkatan BB pada 5 orang bayi gizi kurang, Alhamdulillah 2 orang bayi sudah keluar dari Bayi Gizi Kurang yaitu Najril Rolan dan Najila Muhlis. Lalu 3 orang bayi masih dalam tahap pemantauan yaitu Dfano Muhammad, Fista Fardi, dan Nursyakila” ujarnya.

Kondisi yang mempengaruhi peningkatan dan penurunan status gizi baik pada bayi kemungkinan adalah budaya turun temurun berupa pantangan dalam memberikan sayur dan buah baik pada masa kehamilan ibu maupun pada masa pertumbuhan dan perkembangan bayi hingga umur 1 tahun,serta kondisi pemberian PMT-P (susu dan biskuit) yang dijadikan sebagai makanan utama dan bukan sebagai makanan tambahan pendamping makanan utama.

Kegiatan Pendampingan dan pemberian PMT bayi gizi kurang berjalan dengan lancar, kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan petugas Puskesmas, perwakilan Pertamina dan fasilitator mendatangi rumah bayi dan anak gizi kurang satu per satu (dor to dor). Kemudian petugas kesehatan memberikan penyuluhan tentang pentingnya asupan gizi bagi bayi dan anak untuk pertumbuhan bayi dan rutin untuk cek kesehatan bayi baik itu di Posyandu maupun Puskesmas.

Setelah penyuluhan, dilakukan pemberian PMT untuk bayi dan anak Gizi kurang. Adapun PMT yang diberikan berupa kacang hijau, susu, biskuat, telur, vitamin, makanan bayi, dan susu bayi.
Kegiatan dihadiri oleh pihak Pertamina yang diwakili oleh ibu Sinthiya dan bang Harits mendampingi kegiatan dan langsung memberikan PMT kepada bayi gizi kurang.

Sementara itu ditempat terpisah Unit Manager Communication, Relations, & CSR Marketing Operation Region VIII, Edi Mangun menyampaikan “harapannya dalam kegiatan pendampingan ini dapat membantu setiap bayi dalam meningkatkan kesehatan gizi mereka dan dalam tumbuh kembangnya” tutup Edi.
(Commrel MOR 8)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here