Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Rekrut Ratusan Tenaga Guru Kontrak Daerah

0
548
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Jayapura, Ted J. Mokay, S.Sos., M.Si., saat memberikan keterangan. (Irfan /LPC)

Perekrutan tenaga guru kontrak daerah untuk mengisi kuota tenaga pengajar yang lowong setelah 103 orang guru dinyatakan lulus CPNS Formasi 2018

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jayapura, Papua, berencana kembali merekrut tenaga guru kontrak daerah dengan kuota ratusan orang.

Perekrutan ini untuk mengisi kuota guru kontrak yang lowong setelah 103 orang guru kontrak dinyatakan lulus dalam tes CPNS Formasi 2018 yang diselenggarakan pada tahu 2019 lalu.

“Jadi perekrutan itu merupakan program yang sudah jalan sebenarnya, cuma kan kemarin ada pengumuman kelulusan CPNS. Sebanyak 103 orang guru kontrak itu lulus CPNS. Untuk mengganti 103 orang guru yang lulus, itu yang akan kita rekrut kembali,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Jayapura, Ted Y. Mokay kepada wartawan media online ini via telepon seluler, Selasa (24/11/2020).

Ted Mokay mengatakan, guru kontrak yang direkrut tahun ini ada beberapa formasi tertentu. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Untuk menjadi guru kontrak, maka sejumlah guru yang ikut dalam perekrutan tenaga guru kontrak daerah yang dibiayai dengan dana otsus itu wajib mengikuti tes.

Sementara itu, dirinya memastikan untuk guru kontrak yang sudah dinyatakan lulus CPNS saat ini masih harus menjalankan tugasnya sebagai guru kontrak hingga masa akhir kontraknya berakhir sampai pada bulan Desember tahun 2020 ini.

“Aturannya itu dia tetap menunggu sampai SK-nya keluar, baru kemudian mereka mengajar. Jadi mereka tetap melaksanakan tugas sampai masa kontrak berakhir sampai di bulan Desember nanti,” ujarnya.

Untuk itu, pria yang akrab disapa TYM ini pun berharap kepada para guru yang sudah dinyatakan lulus CPNS maupun guru yang masih berstatus honorer atau tenaga kontrak agar tetap semangat dalam melayani tugas panggilannya sebagai tenaga pendidik.

“Karena baik buruknya masa depan sebuah bangsa tergantung dari kualitas SDM masyarakatnya. Nah, kualitas SDM ini terbentuk salah satunya itu dari peran seorang guru,” papar TYM diakhir perbincangannya. (Irf)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here