Penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura Menurun, Rumah Sehat Sahid Ditutup.

0
136
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Penyebaran kasus covid-19 di kota Jayapura 3 minggu terakhir mengalami penurunan, yang sebelumnya rata-rata 26 kasus per hari, saat ini mencapai 12 kasus per hari.

Wakil Ketua III Satgas covid-19 kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM yang juga Wakil Walikota mengatakan, penurunan tersebut dibuktikan dengan RO RT yang saat ini mencapai 1,6.

“Kami berharap akhir bulan November ini RO RT kita turun dibawah 1 yang artinya penyebarannya terkontrol. Karena itu kami selalu mengimbau masyarakat untuk disiplin tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” tegasnya.

Dengan penurunan jumlah kasus covid-19 di kota Jayapura lanjutnya, saat ini rumah sehat Sahid yang selama ini digunakan untuk isolasi dan perawatan pasien yang terpapar covid sudah ditutup, karena yang dirawat sisa sedikit sehingga digabung di LPMP. “Satu tempat saja untuk perawatan supaya lebih efektif, efisien dan tidak terlalu luas jangkauan pengawasan,” ungkapnya.

Menurut Epidemiolog Universitas Gadjah Mada, Dr Bayu Satria Wiratama, R0 identik dengan basic reproduction number, yaitu angka pertambahan kasus tanpa adanya intervensi atau secara alami. Akan tetapi jika sudah ada intervensi, maka menjadi RT atau effective reproduction number yaitu, angka penambahan kasus yang terjadi di lapangan setelah mendapatkan berbagai intervensi. (Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here