Komitmen PEMDA Kabupaten Jayapura Dalam Perpanjang JAMKESDA UHC 2021

0
119

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten Jayapura berkomitmen melakukan penandatanganan perpanjangan perjanjian kerja sama Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Universal Health Coverage (UHC) tahun 2021, yang dilaksanakan di kantor Bupati Kabupaten Jayapura. Senin(23/11/2020).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah sangat mengapresiasi atas komitmen Pemda Jayapura beserta dinas terkait di daerah yang telah ikut berperan aktif dalam mendukung terselenggaranya Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya di Kabupaten Jayapura.

“Dalam rangka mendukung tercapainya UHC Kabupaten Jayapura di tahun 2021 tidak hanya bertumpu pada pembiayaan jaminan kesehatan tetapi diharapkan dukungan kebijakan Pemda diantaranya kebijakan yang mendorong kepatuhan sektor Badan Usaha untuk mendaftarkan seluruh pekerja beserta anggota keluarganya sesuai dengan regulasi yang berlaku”ujarnya.

 

Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, menyampaikan jumlah penduduk yang telah terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS pada saat ditandatanganinya perjanjian ini adalah sejumlah 167.736 Jiwa atau 97,94% dari total penduduk Kabupaten Jayapura dan jumlah Peserta awal Penduduk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang didaftarkan pemda dalam Program JKN-KIS adalah sejumlah 8.783 jiwa.

“Kedepannya untuk mewujudkan tercapainya satu data jadi sebaik nya data diambil dari data BPS. Inovasi bahwa distrik mau dijadikan sebagai pusat data kependudukan untuk bertanggung jawab terhadap data yang diberikan dan harus berbasis IT. Mungkin BPJS Kesehatan bisa membantu distrik-distrik yang dijadikan pilot project terkait adanya penyediaan data secara terpadu di distrik. Dari 19 distrik baru 6 yang rencana nya mau dijadikan pilot project ini. Januari 2021 sudah harus jalan”ujarnya.

“Lanjutnya, diharapkan kedepannya tidak perlu bawa-bawa kartu lagi dengan cukup sebut nama saja sudah ketemu data nya dan riwayat- riwayat lainnya di dalam pelayanan nanti nya. Coba bangun suatu sistem data terpadu. Database sudah ada, tinggal dipadukan saja jadi satu dan di connect kan saja. Pak asisten 3 bisa fasilitasi untuk keterpaduan data antara data dinas kesehatan, dinas sosial, dukcapil dan BPJS Kesehatan untuk bisa mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan, sosial, dan kependudukan.

“Kami sangat mengapresiasi langkah konsisten Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dalam memberikan dukungan secara berkelanjutan terhadap implementasi Program JKN-KIS di Kabupaten Jayapura. Semoga komitmen Pemerintah Jayapura ini dapat menjadi inspirasi serta motivasi bagi Pemda lainnya yang sudah maupun yang akan melanjutkan Jamkesda di tahun 2021,” tutup Djamal. 

(BPJS Kesehatan Cabang Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here