HKN 2020, Dinkes Kabupaten Jayapura Beri Penghargaan untuk Kader Posyandu dan Kakam

0
330

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie, S.KM, M.Kes, saat menyerahkan penghargaan kepada kader posyandu dan kepala kampung. (Irfan /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 di Kabupaten Jayapura, Papua tidak dibuat meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan masih masa pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan berakhir.

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Kesehatan tetap memberikan penghargaan kepada tenaga kader posyandu yang berprestasi dan kepala kampung (Kakam) yang peduli dengan kesehatan ini diserahkan langsung oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si.

“Hari ini penghargaan kita berikan kader posyandu, kepala kampung dan tenaga medis yang ada di kampung dalam mencapai imunisasi bayi dari mulai lahir sampai imunisasi campak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, S.KM, M.Kes, kepada wartawan usai peringatan HKN ke 56, di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Kamis (12/11/2020).

Peringatan HKN tahun 2020 ini serentak dilaksanakan seluruh Indonesia. Yang mana dimulai dengan apel bersama Menteri Kesehatan melalui zoom meeting pada pagi harinya.

“Kemudian kita lanjutkan pembagian masker di Pasar Pharaa kepada setiap pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker. Masker dari Kemenkes ini sudah standar masker yang digunakan yaitu masker lapis,” imbuhnya lagi.

Pria yang juga Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Jayapura ini mengatakan, pemberian penghargaan tersebut kepada para kepala kampung dan kader posyandu, serta tenaga medis yang berada di kampung, karena mampu mencapai dan mempertahankan program imunisasi bayi yang di mulai dari lahir sampai ditutup dengan program imunisasi campak.

“Petugas kesehatan kita melakukan upaya dibantu dengan kepala kampung, dimana kampung itu bisa mengorganisir semuanya, baik itu kader, masyarakat, dan anak,” jelas Kadinkes menambahkan.

Penghargaan Kepala Kampung dan Kader Posyandu yang ada di kampung ini dalam mendukung program imunisasi bayi, sehingga roda pelayanan kesehatan terbantukan dengan adanya peran aktif masyarakat di kampung untuk memudahkan akses pelayanan.

“Inikan kita beri apresiasi, karena mereka mendukung pelayanan kesehatan yang luar biasa. Tetapi, muaranya bagaimana pemberdayaan sumberdaya manusia yang baik,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, menegaskan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan pemerataan pelayanan kesehatan dari kampung yang kita usahakan agar semua pelayanan dapat terlayani di distrik dan kampung.

“Kami memberikan apresiasi kepada semua pelayanan kesehatan, baik di distrik, kampung, rumah sakit, begitupun kepada para tenaga kesehatan Covid-19, aparat kampung, kader posyandu kami berikan apresiasi, sehingga bisa melayani masyarakat dengan baik,” ucapnya.

Selain berikan penghargaan kepada 128 Kepala Kampung dan Kader Posyandu, Dinkes Kabupaten Jayapura juga memberikan penghargaan kepada tim surveilans Covid-19, kemudian ada deklarasi Kampung STBM Pertama bagi beberapa kampung, melaunching SIMRS Khanza RSUD Youwari, pelepasan Tim Penemuan Kasus Malaria di Venue PON XX oleh Tenakes bersama kader Siamal, serta penyerahan 5 unit mobil ambulans. (Irf)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here