Sambut HKN 2020 BKKBN Papua Lakukan Vasektomi

0
244

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2020, BKKBN Provinsi Papua menyediakan pelayanan Vasektomi atau Program Keluarga berencana (KB) bagi para Bapak operasi kecil yang dilakukan untuk mencegah transportasi sperma, tanpa efek samping, Saat ini KB pria Aktif Vasektomi total 100 orang, terbanyak dari wilayah Biak Papua. Tahun ini total peserta KB Vasektomi 6 orang, Selasa(10/11/2020), Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Papua.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar, SE.M.Si, menuturkan bahwa Vasektomi salah satu upaya membantu keluarga yang tidak ingin menambah anak.“Bulan ini bertepatan dengan hari Vasektomi Dunia, dilakukan salah satu cara ber KB bagi pria yang sterilisasi atau KB Mantap dimana suami istri sudah sepakat tidak menambah anak rata-rata usia lanjut (50-60tahun), untuk pembatasan jalur sperma, merupakan aksi HKN 2020, membantu keluarga fokus mendidik anak, mengatasi masalah dalam keluarga, karena perlu sosialisasi peminatnya di Papua belum di kenal secara menyeluruh,”Tuturnya.

Kabid Bidang KB/KR, Baso Pikres, SE menyampaikan harapannya program selanjutnya akan menjadi kesaksian, mengedukasi masyarakat tentang Vasektomi.“Bekerjasama dengan Dinas OPD  Kebupaten Keerom Pelayanan KB Pria. Dengan selesainya KB pria(Vasektomi)ini akan menjadi motivator khususnya pada bapak, kedepannya bisa menjaring lebih banyak, meningkatkan program keluarga berencana,”Katanya.

Petani asal Arso 4, Sumarsono salah satu penerima layanan Vasektomi menjelaskan bahwa ada beberapa alasan kesehatan istri yang membuatnya sepakat bersama Istri mengikuti KB Pria/Vasektomi.“Memang Anak saya sudah lima, kalau istri saya kalau KB bermasalah, yang datang bulan bermasalah, kemarin karena lama tidak datang bulan, kena penyakit perempuan, itu saja yang mendorong saya Vasektomi,”Pungkasnya.

(Fransisca/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here