Peduli Korban Kebakaran Dok IX, Ormas Presidium Putra Putri Pejuang Pepera  Salurkan Bantuan Sembako

0
193

Ketua Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua, Yanto Eluay didampingi Sekjen Barisan Merah Putih yang juga perwakilan Komponen Merah Putih Yonas Nussy, ketika memberikan bantuan secara simbolis kepada kotor Posko Peduli Kebakaran Dok IX Zakaria Lasera, Kamis (5/11/2020). (Irfan /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Organisasi Masyarakat (Ormas) Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua yang telah dideklarasikan pada 28 Oktober 2020 lalu, langsung melaksanakan aksi sosial dengan membantu sesama yang tertimpa musibah pada Kamis (5/11/2020) di Posko Induk Kebakaran Dok IX, tepatnya di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Dok IX, Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

Aksi sosial ini berupa pemberian bantuan paket sembako kepada ratusan warga korban kebakaran Dok IX, Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

Dimana pada Senin (19/10) malam lalu, 728 warga warga di Kawasan Kampung Tengah Dok IX, mengalami musibah kebakaran karena rumah milik ratusan warga itu hangus dilahap si jago merah.

Atas dasar itulah, Ormas Presidium Putra Putri Pejuang Pepera atau P5 yang telah didirikan bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda itu turun melakukan aksi sosial membantu sesama warga korban kebakaran, langsung melakukan misinya.

“Jadi setelah kita deklarasikan berdirinya Ormas P5 (Presidium Putra Putri Pejuang Pepera) Provinsi Papua pada tanggal 28 Oktober 2020, maka hari ini kami kunjungi saudara-saudara kita warg di Dok IX, yang mengalami musibah kebakaran di tempat pengungsian di aula Kantor Dinas Pendidikan Papua,” ujar Ketua Ormas Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua, Yanto Eluay kepada wartawan media online ini usai penyerahan bantuan secara simbolis kepada salah satu koordinator Posko Induk Kebakaran Dok IX, Kamis (5/11/2020) siang.
Untuk bantuan yang diberikan, Yanto Eluay mengungkapkan ada 20 karton mie instan, 30 karung beras, 1 karton minyak goreng, gula pasir 20 bungkus dan pembalut wanita 2 karton.

“Kami datang memberikan sedikit bantuan sebagai bentuk peduli dari Ormas P5, untuk saudara-saudara kita atau masyarakat di Dok IX yang terkena musibah kebakaran,” ungkap pria yang juga salah satu Tokoh Papua ini.
Disampaikan Yanto Eluay, pemberian bantuan diserahkan langsung oleh dirinya didampingi Yonas Nussy selaku Perwakilan Komponen Merah Putih. “Kebetulan hari ini saya bersama bapa Yonas Nussy dari Komponen Merah Putih yang punya waktu, langsung mengantar bantuan ini,” tutur Ondofolo Kampung Sereh tersebut.

Dirinya berharap bantuan yang diberikan ini agar tidak semata-mata hanya dilihat dari nilainya. Tetapi, dapat merasakan kehadiran Ormas P5 yang betul-betul peduli kepada sesama.

“Ya, ini sedikit bantuan dari kami Ormas P5, untuk meringankan beban daripada saudara-saudara kita yang terkena musibah kebakaran. Inilah komitmen kami, bahwa Ormas P5 akan sealu hadir dalam setiap situasi musibah dan peduli-peduli aksi sosial lainnya. Kami dari P5 akan terus peduli dalam hal sosial kemanusiaan, musibah-musibah atau kejadian-kejadian apa yang terjadi maka kami dari P5 tetap akan berkomitmen untuk turut serta membantu meringankan beban yang dihadapi oleh saudara-saudara kita lainnya. Dimana pun kita akan hadir terus, semampu yang dapat kita lakukan,” papar Yanto Eluay yang juga Ketua Terpilih Partai Golkar Kabupaten Jayapura.

“Bantuan yang kita berikan ini memang tidak begitu banyak, namun kami sangat berharap, setidaknya dapat membantu sedikit meringankan kebutuhan bagi saudara-saudara kita yang mengungsi di aula kantor Dinas Pendidikan Papua ini, serta meringankan beban saudara-saudara kita yang mengalami musibah kebakaran di Dok IX ini,” tukas putra mendiang Dortheys Hiyo Eluay Tokoh Pepera 1969 tersebut.

Sementara itu, Sekjen Barisan Merah Putih Provinsi Papua, Yonas Nussy menambahkan, pihaknya mengapresiasi Ormas P5 yang bisa memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Dok IX.

“Kami selaku komponen Merah Putih, memberikan apresiasi kepada (Ormas) P5 yang baru saja kita deklarasikan bersama-sama pada tanggal 28 Oktober 2020 lalu, yang merupakan hari lahirya pemuda di Republik Indonesia ini guna menyatakan kebersamaannya, untuk turut berjuang bersama-sama pemerintah dan rakyat Indonesia dalam rangka pembangunan. Tetapi, juga dalam hal itu kita lihat di Papua ini ada pejuang Pepera. Yang mana, kita harus berikan perhatian terhadap mereka-mereka ini,” imbuh mantan anggota 14 Kursi DPR Papua ini.

“Puji Tuhan, ormas P5 bersama kami komponen Merah Putih bisa memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran, mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban mereka yang terkena musibah,” tukas perwakilan Komponen Merah Putih tersebut.

Zakaria Lasera, salah satu koordinator di Posko Kebakaran Dok IX yang berada di Kantor Dinas Pendidikan Papua mengucapkan terima kasih kepada Ormas P5 yang telah peduli kepada korban musibah kebakaran.
“Semoga bantuan dari P5 ini bermanfaat bagi kami, dan bagi yang memberi semoga dibalas oleh Allah SWT dengan lebih baik lagi,” terang Zakaria Lasera yang juga Ketua RT 05 RW 04, Kampung Tengah Dok IX, Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here