Warga Zona Merah Diminta Patuhi Protokol Kesehatan, Positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura Sekitar 600 Orang, 17 Orang Meninggal

0
264
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) yang juga Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Penanganan Coronavirus atau Covid-19 Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie, S.KM, M.Kes. (Irfan /lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kasus positif Covid-19 atau Coronavirus di Kabupaten Jayapura bertambah 2 orang pada Sabtu (31/10/2020) dan Senin (2/11/2020) masing-masing 1 kasus, sehingga menembus angka 601 pasien pada Senin (2/11/2020).

“Sudah capai 600 lebih untuk data pasien Covid-19 di Kabupaten Jayapura secara komulatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, S.KM, M.Kes, dalam rilis yang diterima wartawan media online ini, Senin (2/11/2020).

Sementara itu, untuk jumlah pasien yang masih dirawat sampai saat ini sebanyak 111 orang atau sekitar 18 persen. Dari jumlah tersebut, ada sebagian yang menjalani isolasi mandiri di rumah dan ada pula yang menjalani isolasi di ruang isolasi rumah sakit, baik yang ada di Kabupaten Jayapura maupun di beberapa rumah sakit yang ada di Kota Jayapura.
Sementara untuk tambahan positif Covid-19 yang sembuh saat ini ada 7 orang, sehingga secara komulatif menjadi 473 orang.

“Untuk pasien yang dirawat, baik isolasi mandiri maupun yang menjalani isolasi di rumah sakit tentunya dari awal sesuai dengan apa yang sudah kita sampaikan tetap melihat kondisi pasien. Apabila pasien yang dinyatakan positif itu mempunyai gejala Covid-19 tentu akan dirawat di rumah sakit, sedangkan yang dinyatakan positif namun tidak bergejala akan diarahkan untuk menjalankan isolasi mandiri di rumah,” jelas pria yang juga Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Jayapura tersebut.

Lebih lanjut Khairul Lie mengatakan, meskipun jumlah pasien positif Covid-19 secara komulatif di Kabupaten Jayapura sudah mencapai 601 pasien, namun sebagian besar dari pasien Covid-19 itu sudah dinyatakan sembuh dan selesai menjalankan isolasi.

“Yang sembuh sejauh ini sangat signifikan sudah mencapai 473 pasien atau 79 persen dari jumlah pasien secara komulatif,” terangnya.
“Di satu sisi untuk membuat pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 ini sejak awal pandemi Covid-19 sampai saat ini sudah mencapai 17 orang,” tandasnya.

Dirinya mengatakan sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 terus meningkatkan upaya penanganan terhadap penyebaran pasien positif Covid-19. Misalnya, melalui upaya tracking kontak erat dan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan beberapa upaya-upaya lain yang menjadi kegiatan rutin dari gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura.

“Kami berharap masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura khususnya di daerah zona merah harus tetap mengikuti aturan protokol kesehatan sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk membatasi dan mencegah penyebaran Covid-19,” tutupnya. (Irf)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here