Bandara Theys Hiyo Eluay Akan Direnovasi

0
206

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Bandara-bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) mengalami lonjakan penumpang. Akibatnya, kapasitas terminal bandara khususnya terminal kedatangan terjadi kelebihan (overload).

Kondisi ini terjadi di Bandara Internasional Sentani. Atas hal tersebut, pihak Angkasa Pura I (AP I) Bandara Sentani berencana melakukan upaya peningkatan kapasitas bandara.

GM Angkasa Pura I Bandara Sentani, Agus Budiharto. (Irfan /LPC)

“Renovasi bandara ini, yang pertama kalau bagi kami itu tentunya pelayanan. Bandara ini kan sudah kondisi seperti ini, layout-nya juga tidak memungkinkan dengan jumlah kedatangan penumpang, apalagi ada pandemi Covid-19, kemudian saya sering di komplain tapi lewatnya seperti itu, gitu loh,” kata GM Angkasa Pura I (AP I) Bandara Sentani Agus Budiharto, saat dikonfirmasi wartawan di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, kemarin.

“Nah, kita ada redesign, beautifukasi terminal, penataan lagi, pengembangan lagi bandara itu. Fasilitas-fasilitas yang tentunya layanan paling utama, dan kebetulan juga mau PON,” sambungnya.
Akibat lonjakan ini, kata GM Agus Budiharto, pihaknya akan melakukan renovasi terminal penumpang, perluasan lahan parkir dan overlay landasan, taxi way serta overlay runway.

“Renovasi terminal, perluasan lahan parkir dan overlay taxi way, landasan pacu serta overlay runway. Anggarannya dari pusat, semua dari Angkasa Pura, BUMN punya. Tidak (dari daerah), Angkasa Pura yang punya. Kalau Angkasa Pura, BUMN itu kan punya aturan ya. Tidak pakai APBN, di biayai sendiri,” ungkapnya.

Adapun dalam pengembangan (renovasi) Bandara Sentani ini menggunakan investasi sebesar ratusan miliar rupiah.
“Kalau estimasi anggarannya, itu ratusan miliar lah. Saya lupa ya, artinya cukup besar dana yang dikeluarkan. Sekarang lagi proses tender di kantor sana. Perluasan lahan parkir, renovasi terminal, pengembangan landasan dan runway sama termin, yang rencananya A-330 mausk itu. Kita mau pisahkan, karena saat ini A-330 tidak bisa masuk. Kalau lahan gak ada masalah, kan kita perluasan kok, cuma renovasi aja,” tukasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here