Iptu Jusman Mori : Operasi Zebra Matoa 2020 Dimulai, Satlantas Polres Jayapura Sasar Beberapa Pelanggaran

0
140
Kasat Lantas Polres Jayapura, Iptu Jusman Mori, S.IK, MM,, saat diwawancara. (Irfan /LPC)

Termasuk Protokol Kesehatan Pakai Masker

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Selama dua (2) minggu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jayapura melakukan operasi Zebra Matoa 2020. Ada beberapa jenis pelanggaran yang menjadi prioritas sasaran penindakan dalam operasi yang berlangsung mulai hari Senin (26/10/2020) hingga Minggu (8/11/2020) mendatang.

Operasi Zebra dilaksanakan untuk melakukan pemeriksaan surat-surat mengemudi (SIM dan STNK) dari para pengguna kendaraan roda empat maupun roda dua serta menindak pelanggaran lalulintas.

Operasi tersebut mengambil nama dari Jalur atau Perlintasan Zebra (Zebra Cross), salah satu fitur dari jalan raya. Beberapa pengendara berniat menghindar dari operasi tersebut dengan cara balik arah, lawan arus atau tidak melewati jalan besar yang digunakan sebagai lokasi pelaksanaan operasi tersebut.

Supaya tidak mendapat tindakan pelanggaran dari polisi, perlu diperhatikan beberapa ketentuan bagi pengendara agar tidak terkena tilang : Pengendara motor yang tidak menggunakan helm Standar nasional Indonesia (SNI), Pengemudi roda empat yang melebihi batas maksimal kecepatan, Mabuk pada saat mengemudikan kendaraan bermotor, Pengemudi roda empat yang tidak menggunakan safety belt (sabuk keselamatan), Pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus, Pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, Tidak membawa surat kelengkapan seperti SIM dan STNK, serta Pengendara membawa muatan berlebihan.

Selain beberapa ketentuan umum, pada masa pandemi Covid-19. Protokol kesehatan juga menjadi salah satu pelanggaran dan yang perlu diperhatikan, yakni Selalu menggunakan masker saat berkendara, Membawa cairan antiseptik dan Bagi pengendara motor diharapkan menggunakan pakaian lengan panjang maupun sarung tangan.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si, melaui Kasat Lantas Polres Jayapura, Iptu Jusman Mori, S.IK, MM, menuturkan, razia akan dilakukan di ruas-ruas jalan Kabupaten Jayapura. Tujuannya untuk menjaga keselamatan pengendara/pengemudi dan juga ketertiban berkendara.

“Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas pada situasi adaptasi kebiasaan baru (AKB), serta memutus rantai penyebaran Covid-19,” paparnya.

“Untuk sasaran dalam operasi kali ini, yaitu kita mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Dimana, kalau kita melaksanakan kegiatan ini secara terus-menerus itu otomatis masyarakat akan tertib berlalulintas. Maka kecelakaan lalu lintas atau lakalantas akan berkurang. Kemudian di masa pandemi ini, kita juga membantu pemerintah mencegah penyebaran virus Corona,” sambung Iptu Jusman Mori.

Pada saat melaksanakan operasi Zebra Matoa 2020, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat pengguna kendaraan roda empat maupun roda dua agar menggunakan masker saat keluar rumah atau berkendara.

“Namun apabila tidak membawa atau menggunakan masker, kita memberikan masker kepada pengendara untuk dipakai selama berkendara,” imbuhnya.

Dalam operasi Zebra Matoa 2020, Kepolisian mengutamakan tindakan preemtif dan preventif untuk menjaga ketertiban lalu lintas. Termasuk sosialisasi dan pendidikan berlalu lintas yang benar kepada masyarakat.

“Selanjutnya kita sosialisasi kepada masyarakat, bahwa dalam pelaksanaan operasi Zebra Matoa ini dilakukan seluruh Indonesia dan juga mensosialisasikan Undang-undang Lalu Lintas, serta protokol kesehatan Covid-19,” beber Kasat Lantas Jusman Mori.

Namun, ia menyebut pengendara yang membahayakan pengguna jalan lain akan langsung ditindak.
“Seperti yang tidak menggunakan helm standar, berkendara di bawah umur, melawan arus, berkendara pada saat dipengaruhi minuman keras dan ugal-ugalan di jalan raya,” tukas pria kelahiran Palu, 27 Februari 1992. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here