Kapolda Pimpin Sertijab Tujuh Kapolres Jajaran Polda Papua

0
65

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) tujuh Kapolres Jajaran Polda Papua yang berlangsung di Aula Rastra Samara Polda Papua, Kamis (22/10/2020).

Hadir dalam kegiatan itu Waka Polda Papua Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri, Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Alfred Papare, S.IK., Pejabat Utama Polda Papua, Pama dan Pamen Polda Papua, Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, Kapolres Sarmi AKBP Hapry Lanudjun.

Tujuh Kapolres Jajaran Polda Papua yang mendapat promosi Jabatan yakni AKBP Murjatmo Edi S.I.K, M.H, AKBP Andi Yoseph Enoch S.I.K, AKBP Sonny Marisi Nugroho T., S.I.K, AKBP Kariawan Barus, SH, S.I.K, MH., AKBP Abdullah Wakhid Prio Utomo S.I.K, AKBP Agustinus Ary Purwanto S.I.K, dan AKBP Emile Reisitei Hartanto, S.IK.

AKBP Murjatmo Edi S.I.K, M.H, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Biak Numfor Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Wadansatbrimob Polda Kalimantan Barat dan akan digantikan oleh AKBP Andi Yoseph Enoch S.I.K,  yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Asmat Polda Papua.

AKBP Dhani Gumilar, SH, S.I.K, M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit I Ditreskrimum Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Asmat Polda Papua.

AKBP Sonny Marisi Nugroho T., S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Nabire Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Irbid Itwasda Polda Sumatera Utara dan akan digantikan oleh AKBP Kariawan Barus S.H., S.I.K., M.H, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Yapen Polda Papua.

AKBP Abdullah Wakhid Prio Utomo S.I.K, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Paniai Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Kepulauan Yapen Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Naomi Giay yang sebelumnya menjabat sebagai Pamen Polres Mimika.

AKBP Agustinus Ary Purwanto S.I.K, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Merauke Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Wadirreskrimum Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Ir. Ahmad Untung Surianata yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagbangsisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri.

AKBP Baktiar Joko Mujiono, S,IK. Yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Keerom Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kabagbinops Biro Ops Polda Papua dan akan di gantikan oleh AKBP Emile Reisitei Hartanto, S.IK yang sebelumnnya menjabat sebagai Pamen Polda Papua.

Kapolda Papua,.Paulus Waterpauw dalam sambutannya menegaskan, bahwa serah terima jabatan sebagaimana yang baru saja berlangsung, merupakan tuntutan kebutuhan organisasi dalam rangka menjaga dinamika dan kinerja organisasi sekaligus merupakan bagian dari pola pembinaan karier personel di lingkungan Polri yaitu dalam rangka penyegaran maupun promosi pejabat yang bersangkutan, baik pejabat yang lama maupun pejabat baru yang akan menggantikannya.

Selain itu kata Kapolda, tujuan mutasi pada suatu jabatan diharapkan juga dapat mengakselerasikan pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan sehingga dapat berjalan efektif dan mengalami peningkatan kualitas kesatuan, baik dalam bidang pembinaan maupun operasional sehingga dapat menumbuhkan semangat pengabdian yang tinggi serta mengukir prestasi pada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada pelayanan terhadap masyarakat.

“Saya selaku pimpinan Polda Papua atas nama kesatuan dan pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan selama pengabdian di Polda Papua yang telah menunjukkan kinerja yang baik serta dedikasi dan loyalitas yang tinggi,” ujarnya.

“Atas nama pribadi dan kesatuan saya ucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan Polri dan promosi untuk menduduki jabatan baru, khusus kepada AKBP Ir. Ahmad Untung Surianata selamat datang di Bumi Cenderawasih Polda Papua,” katanya.

Diharapkan, agar segera beradaptasi dilingkungan kerja dan hal-hal positif yang telah dibangun selama ini oleh pejabat lama agar ditindaklanjuti dan bahkan saya harapkan dapat ditingkatkan, “saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman dan latar belakang pendidikan yang telah saudara miliki, saudara mampu meningkatkan kinerja pada kesatuan yang akan anda pimpin,”pintanya.

Menyadari bahwa perkembangan situasi Kamtibmas maupun Politik di Provinsi Papua saat ini yang semakin meningkat seiring dengan semakin dekatnya pelaksanaan Pemilukada yang akan diadakan serentak di 11 Kabupaten.

“Saya berharap kepada para Kapolres di Jajaran Polda Papua khususnya yang akan melaksanakan Pilkada agar senantiasa membangun komunikasi kepada seluruh Tokoh-tokoh yang ada di jajarannya (Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat) dan organisasiorganisasi yang ada pada wilayah masing-masing guna meningkatan keamanan dan pendekatan kepada kaum muda dikarenakan cenderung anak-anak muda lebih mudah dihasut atau terprovokasi oleh berita hoax, seperti beberapa waktu lalu terjadi pengrusakan Kantor Bawaslu Kabupaten Asmat,” jelas Kapolda.

Tidak hanya, sambung Kapolda Waterpauw, itu perlu diantisipasi juga terhadap pengumuman hasil seleksi CPNS yang mana beberapa waktu lalu terjadi pembakaran dan pengrusakan pada beberapa Kantor Pemerintahan Kabupaten Keerom, oleh karena itu para Kapolres yang baru segera adaptasi dan bangun komunikasi secara aktif dengan para Tokoh Masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat.

Selain tantangan tugas diatas, kita juga masih dihadapkan pada pandemi Covid-19 yang jumlah kasusnya terus meningkat, oleh karena itu terus lakukan pendisiplinan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker dan social distancing.

“Saya juga mengharapkan agar saudara-saudara dapat menjabarkan sesuai dengan tugas pokok masing-masing dimana saudara menjabat, serta mampu mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk permasalahan keamanan yang terjadi di wilayah hukum Polda Papua, selain dari pada itu kepada seluruh personel Polda Papua,” ujarnya.

“Saya harapkan senantiasa memberikan dukungan kepada pejabat yang baru, serta membangun kerjasama yang harmonis sebagaimana kerjasama yang telah ditunjukkan selama ini kepada pejabat lama untuk selanjutnya dapat diteruskan dan bahkan ditingkatkan kepada Pejabat baru,” kata Kapolda.

“Jadikanlah serah terima jabatan ini sebagai momentum untuk memacu dan meningkatkan kembali semangat, disiplin dan etos kerja dalam pelaksanaan tugas di Polda Papua,”pungkas Kapolda.

(Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here