160 Pengusaha Muda Papua Ikut Pelatihan Koprasi dan UKM

0
241

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sebanyak 160 orang pengusaha muda Papua mengikuti pelatihan peningkatan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi dan UKM.

Pelatihan tersebut dilaksanakan Kementerian Koperasi dan UKM RI bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Yayasa Muda Papua Inspirasi. Kegiatan ini berlangsung di Swiss-Bellhotel, kota Jayapura, Senin (12/10/2020).

Deputi pengembangan SDM Kemenkop UKM RI, Triyanto mengatakan, selama masa pandemic covid-19 pihaknya telah melakukan pelatihan secara daring melalui website resmi Kemenkop. Bahkan di dalamnya terdapat berbagai kelas online, modul pelatihan dan dilengkapi dengan video tutorial pelaku UKM dalam meningkatkan kapasitas secara mandiri.

“Pelatihan ini ertujuan meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM Koperasi dan SDM di Provinsi Papua dalam pemanfataan potensi lokal sebagai peluang usaha. Sehingga mendorong terwujudnya pemulihan ekonomi masyarakat,” kata Triyanto dalam sambutannya.

Pejabat Sekda Papua Doren Wakerkwa dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Provinsi Papua mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Kemenkop UKM RI.

“Kami harapkan pelatihan ini dapat ditingkatkan supaya generasi muda Papua mendapat pengetahuan yang luar biasa dalam rangka mengembangkan usaha yang mereka jalani,” katanya.

Ia berharap bagi pengusaha muda Papua setelah megikuti pelatihan dapat menimbulkan suatu inspirasi yang luar biasa untuk mengembangkan keahlian terbaik untuk membangun Papua.

“Untuk itu kalian (pengusaha muda Papua) ikuti ini dengan baik, siapa hebat maka dia akan kembangkan dan menggali semua potensi ekonomi dearah yang ada karena, kekuatan suatu daerah bertumpuh ekonomi bertumpuh pada SDM,” pesan Doren.

“Kalau anak-anak Papua sudah luar biasa maka pertumbuhan ekonomi akan berkembang luar biasa pula,” katanya.

Ditambahkan, untuk pengusaha muda Papua harus memahami betul bidang industri yang telah di guluti, agar kedepan setelah di kolaborasikan bisa sejajar dengan daerha lain di Indonesia.

“Saya harap adik-adik pengusaha ini harus maju, kurangi hal-hal yang tidak baik hindari miras. Harus kita belajar dari orang lain supaya kita lebih hebat di negeri kita sendiri,” ujarnya.

Dalam kesempata yang sama Wakil wali kota Jayapura, Rustan Saru berharap pengusaha muda Papua dapat mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri saat mendapatkan materi pelatihan.

“Ini penting, masing-masing harus tahu apa kelebihan dan kekurangan sehingga kalau tidak paham soal materi yang di dapat bisa dilatih dan di kembangkan,” katanya.
Ia juga berharap setelah mendapat pelatihan pengusaha muda Papua bisa merubah pola pikir dan ada prubahan sehingga berhasil dalam dunia usaha.

“karena kalau kalian berhasil maka Papua Muda Inspiratif sukses membangkitkan semangat generasi emas pemuda Papua,” pungkasnya.
(Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here