PT SAM Air Sambut Kedatangan Cessna Caravan 208 di Bandara Sentani

0
352

Direktur PT SAM Air, H. Wagus Hidayat, SE, ketika disambut dan dikalungi bunga oleh perwakilan PT. Trigana Air dalam hal ini Area Manager Trigana Air di Papua, Bustomi Eka Prayitno. (Irfan /LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – PT. Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air menyambut kehadiran pesawat jenis Cessna Caravan 208, di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (5/10/2020).

“Ya, kami dari SAM Air kembali mendatangkan satu unit pesawat baru jenis Caravan 208. Dengan kehadiran pesawat ini, kita berharap bisa membantu mengejar ketertinggalan wilayah-wilayah di Provinsi Papua, khususnya di pedalaman-pedalaman yang mungkin masih sulit dijangkau dengan tranportasi darat maupun laut, maka kami siap memback up dengan tranportasi udara,” kata Direktur PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air, H. Wagus Hidayat, SE, ketika ditanya wartawan media online ini.

Pesawat milik PT SAM Air yang ke-6 ini merupakan pesawat jenis Cessna Caravan 208 ini berkapasitas sembilan (9) tempat duduk penumpang dengan nomor registrasi PK SMG ini akan melayani rute penerbangan ke wilayah Pegunungan dan pesisir Papua.

“Seperti yang sudah ada rutenya itu ke pegunungan-pegunungan dan juga ke daerah pesisir. Antara lain, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Kabupaten Puncak, Puncak Jaya, Nabire, Merauke dan Asmat, serta ke beberapa daerah lainnya atau banyak wilayah yang akan kita lalui,” ujar pria yang akrab disapa Dayat ini.

Dengan tambahan armada tersebut, pihaknya optimis mampu melayani wilayah-wilayah yang sulit dilalui dengan transportasi darat maupun laut.
Pria yang juga Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari PPP ini menambahkan, Cessna Caravan 208 dipilih karena dianggap tepat untuk menjawab tantangan ekspansi PT SAM Air untuk kawasan Pegunungan Papua.

“Sebenarnya ini armada keenam, tapi ada dua pesawat kami yang bermasalah. Akhirnya yang beroperasi hanya tiga dan ditambah satu armada baru ini, sehingga semua armada kami yang beroperasi sebanyak empat,” tutur Ketua Fraksi BTI DPRD Kabupaten Jayapura tersebut.
Sesuai jadwal, armada terbaru PT SAM Air bertolak dari Lanud Hasanuddin, Maros pada Senin (5/10/2020) pukul 07.15 WITA, kemudian transit di Ambon selama 20 menit dan tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua pada Senin (5/10/2020) pukul 17.00 WIT.

“Makassar ke Ambon kurang lebih sekitar 3,5 jam ditambah dengan Ambon ke Jayapura kurang lebih 5 jam, jadi kurang lebih sekitar 8 jam sampai 9 jam terbang dari Makassar hingga tiba disini. Tadi kami take off dari Makassar itu sekitar jam 7 pagi atau pukul 07.00 WITA. Untuk saat ini, pesawat bisa bawa 9 orang penumpang. Namun kedepannya kami akan minta penambahan sampai 12 penumpang,” tukas Owner PT Semuwa Group itu. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here