RSUD Mimika Terapkan Aplikasi Ketersediaan Tempat Tidur

0
114

MIMIKA (LINTAS PAPUA) – Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan menetapkan bahwa tahun 2020 ini merupakan tahun kepuasan peserta dan tahun pelayanan. Demi mendukung hal tersebut BPJS Kesehatan Cabang Jayapura menerapkan aplikasi ketersediaan tempat tidur sebagai salah satu inovasi untuk memberikan kemudahan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mimika.

Implementasi Aplikasi ketersediaan tempat tidur ini bertujuan memberikan informasi kepada peserta secara realtime akan keterangan ketersediaan tempat tidur yang telah terisi dan tidak terisi di sebuah rumah sakit agar masyarakat bisa memantau ketersediaan sehingga dapat memberikan alternatif pilihan tujuan tempat rawat inap di lokasi terdekat.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan, Faizal Busran menyampaikan bahwa Penerapan Display Tempat Tidur dan Antrian Elektronik merupakan salah satu dari kualitas mutu layanan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkkat Lanjutan (FKRTL) yang tertuang dalam perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan FKRTL.

“Sebelumnya kami sudah melakukan supervisi terkait dengan Display Tempat Tidur akan terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN dan Aplicare.Terkait dengan hasil diskusi, bahwa sistem dan aplikasi, pihak BPJS Kesehatan Cabang Jayapura akan memberikan secara gratis untuk RSUD Mimika, hanya saja diperlukan beberapa sarana dan prasarana untuk mendukung hal tersebut. Pada intinya pihak RSUD Mimika bersedia menggunakan sistem dan aplikasi yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jayapura untuk menerapkan Display Tempat Tidur agar dapat dimanfaatkan oleh Peserta JKN-KIS dan pihak RSUD Mimika untuk mengetahui kapasitas tempat tidur yang tersedia”ujarnya,

“Untuk penggunaan pada aplikasi, pihak BPJS kesehatan Cabang Jayapura akan memberikan user manual kepada pihak RSUD Mimika dan kami juga telah mengedukasi IT RSUD Mimika bagaimana cara penggunaan sistem dan aplikasi display tempat tidur tersebut”tambahnya.

Kabid Pelayanan Medis RSUD Mimika, dr. Yulinda Dalam upaya peningkatan kualitas layanan Rumah Sakit sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan karena telah memberikan aplikasi ketersediaan tempat tidur guna untuk memberikan kepastian dan juga keterbukaan informasi kepada pasien.

(BPJS Kesehatan Cabang Jayapura)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here