Bapak Pemberdayaan Kampung, Habel Melkias Suwae : Tutup Usia Hari ini, 3 September 2020

0
1390
Habel Melkias Suwae, oleh Megawati Soekarnoputri dinilai, 8. Ketika menjabat Bupati Jayapura, banyak pihak datang ‘berguru’ kepadanya, karena sukses melaksanakan Program Pemberdayaan Distrik (PPD) yang kemudian diubah menjadi Program Pemberdayaan Distrik dan Kampung (PPDK). Program tersebut kemudian dibukukan menjadi sebuah buku yang berjudul ‘’Suara Hati yang Memberdayakan’’. (ISTIMEWA)

Dr. Habel Melkias Suwae,  S.Sos., MM., ( 28 Mei 1952 – 3 September 2020 ) semoga almarhum di terima di sisi Tuhan Yesus Kristus.

” Karena Bagiku Hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan ” Filipi 1:21

Rest in Peace tokoh inspiratif Tanah Papua😭🙏🏿

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Papua, DR. Habel Melkias Suwae, S.Sos, M.M., saat berbicara. (Irfan /HPP)

PAPUA BERDUKA 😘🙏🙏😭😭😭😭

Informasi begitu merata di share di grup whatsApp hingga media sosial. Bapa Habel Melkias Suwae Meninggal Dunia pada jam 15.00 WIB di Rumah Sakit Gatot Soebroto Angkatan Darat Jakarta, pada Kamis, 3 September 2020)

Habel Melkias Suwae, S.Sos., M.M. (lahir di Tablanusu, Depapre, Jayapura, Papua, 28 Mei 1952; umur 68 tahun) biasa disingkat HMS, adalah Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Papua.[1] Sebelumnya, ia adalah Bupati Jayapura berpasangan dengan Zadrak Wamebu, S.H., M.M. sebagai Wakil Bupati Jayapura periode 2006–2011.[2]

Calon Gubernur Papua

Habel Melkias Suwae berpasangan dengan Yop Kogoya maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Papua dalam Pemilukada Papua tahun 2012. Mereka didukung oleh tiga parpol, yaitu Partai Golkar, Partai Damai Sejahtera (PDS), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Yop Kogoya merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PDS Papua. Mereka mendaftar pada hari Selasa tanggal 22 Mei 2012 ke Panitia Khusus Pemilihan Gubernur Dewan Perwakilan Rakyat Papua (Pansus Pilgub DPRP).

Pasangahn Calon Gubernur Papua dan Calon Wakil Gubernur Papua,, John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae. (ISTIMEWA)

Sebelumnya, dalam penentuan calon gubernur (cagub) Partai Golkar untuk Pemilukada Papua 2011 yang gagal dilaksanakan, Habel bersaing ketat dengan Klemen Tinal (pasa saat itu menjabat sebagai Bupati Mimika).[3] Habel direstui oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie, tetapi tidak mendapatkan rekomendasi dari DPD-DPD di Papua yang lebih mendukung Klemen Tinal. (Disadur dari https://id.wikipedia.org/wiki/Habel_Melkias_Suwae )

Habel Melkias Suwae, dengan senyuman khas dan menyatakan siap untuk maju dan membangun Papua. (Fransisca /LintasPapua.com)

Riwayat Jabatan

  • Kepala Seksi Pembinaan Umum dan Masyarakat Kantor Sosial Kabupaten Jayapura
  • Kepala Bagian Humas Kabupaten Jayapura
  • Ketua DPRD Kabupaten Jayapura (1999–2001)
  • Bupati Jayapura (2001–2006)
  • Bupati Jayapura (2006–2011)

Referensi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here