TNI Manunggal Membangun Desa di Kampung Natabui Distrik Yapen Barat

0
147
Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-105 Kodim 1709/Yawa mendapat respon dan tanggapan dari Yunus Sumbari salah seorang warga yang mendapat bantuan pembangunan rumah di Kampung Mansesi Distrik Pulau Kurudu Kab. Kep. Yapen, Selasa (16/07/2019). (ISTIMEWA)

SERUI (LINTAS PAPUA)  – Meski kali ini dihadapkan dengan medan yang sulit untuk menembus sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 1709/Yawa yang terletak di Kampung Natabui, Distrik Yapen Barat. Kendati demikian para Prajurit Kodim 1709/Yawa yang terlibat dalam satgas pun tetap semangat dan pantang menyerah dalam mensukseskan program TMMD di wilayah Kab. Kep. Yapen.

 

Dalam program TMMD ini, yang menjadi Sasaran Fisiknya adalah Pembangunan Rumah Masyarakat sejumlah 13 unit dengan ukuran 7 X 8 meter yang diantaranya 10 unit rumah dikampung Natabui, dan 3 unit dikampung Toweta, dalam kegiatan ini akan ditambah pula dengan Sasaran Non Fisik berupa Penyuluhan-penyuluhan dalam bidang Mental Spiritual, Pemberdayaan Masyarakat, Kesadaran Bernegara dan Kesadaran Bela Negara. Pengerahan personel dalam pelaksanaan TMMD ini diorganisasikan dalam susunan tugas Satuan Setingkat Kompi (SSK) dengan kekuatan personel sejumlah 150 orang, lanjut Letkol Leon dalam penyampaian Laporan Rencana Pelaksanaan TMMD TA. 2020

 

sulitnya medan yang harus ditempuh untuk menuju ke lokasi sasaran TMMD sudah menjadi hal yang lumrah. Bahkan untuk wilayah Kab. Kep. Yapen sendiri selain medan yang sulit, juga akses dan sarana pendukung lain pun juga terkadang menjadi hambatan, namun semua itu kita hadapi dengan semangat demi pengabdian untuk negeri.

 

bahwa kendala lain yang dihadapi yakni kebutuhan material pembangunan TMMD yang harus diangkut dengan cara dipikul sejauh ± 10 KM menuju lokasi dari titik bongkar. Pasalnya, tidak adanya akses jalan darat yang memadai untuk mengangkut material.

 

Namun, kami optimis bahwa program TMMD kali ini akan selesai sesuai dengan rencana, dimana seluruh warga Natabui dan Toweta yang menjadi lokasi sasaran TMMD sangat antusias dan bersemangat dalam membantu suksesnya TMMD Ke-108 Kodim 1709/Yawa.

 

Salah satu penerima bantuan rumah dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 1709/Yawa, Leonard Wayor warga Kampung Toweta, Distrik Yapen Barat, Kab. Kep. Yapen, mengucapkan terima kasih dan puji syukur kepada pemerintah melalui TMMD atas bantuan rumah untuk warga Natabui dan Toweta, Minggu (12/07/2020).

 

Saat ditemui awak Pendim 1709/Yawa, Leonard mengungkapkan bahwa dengan hadirnya TMMD dari Kodim 1709/Yawa, ini merupakan kali pertama adanya pembangunan permanen di Kampung Toweta. Dari total 13 rumah, 10 diantaranya dibangun di Natabui dan ada 3 buah rumah yang dibangun di Kampung Toweta yang salah satunya adalah bantuan rumah untuk dirinya.

 

Dirinya memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan atas bantuan yang diterimanya dari pemerintah melalui TMMD ini. Kami juga tidak bisa memberikan apa-apa selain bantuan tenaga dan do’a semoga Tuhan memberkati anggota satgas TMMD yang sudah bekerja membangun rumah untuk warga ini.

 

“Kami bersyukur karena baru saja di Kampung ini kami temui pembangunan yang permanen, yang mana ada 3 buah rumah dibangun di Kampung Toweta, dan atas bantuan tenaga dari TNI yang membantu kami di Kampung Toweta kami tidak bisa memberikan sesuatu bagi tenaga kerja/TMMD, semoga Tuhan memberkati khususnya TMMD (anggota satgas),” ujar Leonard.

 

Pasi Ter mengatakan bahwa kegiatan apel ini sangat penting guna mengecek kesiapan personil dan materiil serta target apa yang harus diselesaikan untuk hari ini, juga kendala apa saja yang dihadapi khususnya dalam sasaran fisik TMMD berupa pembangunan rumah untuk warga. Usai pelaksanaan apel, personil satgas beserta warga pun masuk di sasarannya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here