Peduli SDM Orang Asli Papua, Bupati Usman Wanimbo Lepas 26 Putra-Putri Tolikara ke IT DEL

0
120
Bupati Tolikara , Pasangan Usman G. Wanimbo, SE, M.Si.

Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tolikara Michael Ury Rapang, S.IP, ketika berpose bersama 26 mahasiswa usai acara pelepasan secara simbolis terhadap 26 putra-putri Tolikara yang akan melanjutkan studinya ke IT DEL. (Irfan /LPC)

 

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara, kembali memberangkatkan sebanyak 26 Putra-Putri terbaik untuk menjadi mahasiswa Diploma Empat (D4) Program Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Orang Asli Papua (OAP) 2020 ke Institut Teknologi (IT) DEL, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Keberangkatan putra dan putri itu, dilepas secara langsung oleh Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE, M.Si.

Turut hadir dalam pelepasan mahasiswa asal Tolikara Program Peningkatan SDM OAP tahun 2020 yang berlangsung di Kantor Perwakilan Kabupaten Tolikara, Jalan Yabaso, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (23/7/2020) kemarin, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tolikara Michael Ury Rapang, S.IP.

Bupati dalam arahannya mengatakan, kalau ingin sukses belajarlah dengan sungguh-sungguh ketika sudah berada di IT DEL Kabupaten Toba Samosir.

“Saya buat MoU (nota kesepahaman) dengan pak Luhut pada tahun 2016 lalu, sehiingga kita bisa bekerjasama dengan mereka di IT DEL. Setelah itu, kita mengirim sekitar 35 orang ke IT DEL. Nah, dari 35 orang itu banyak yang keluar dengan alasan sakit dan lain sebagainya itu sampai tinggal 11 orang. Jadi dari tahun pertama, tahun kedua dan ketiga semuanya sudah selesai serta sukses. Buktinya adalah pak Kogoya ini yang merupakan senior adik-adik yang akan melanjutkan kuliah di IT DEL,” ujarnya.

Bupati berpesan kepada para mahasiswa yang diberangkatkan ini, agar selesai tepat waktu dalam menempuh pendidikannya di IT DEL.

“Kita mau sekolah terus dan selesai tepat waktu atau tidak, itu tergantung dari diri kita dan bukan kepada siapa-siapa. Itu semua kembalinya kepada diri kita sendiri. Jadi kalau kalian mau menjadi orang (sukses) dan mempunyai kemampuan yang berbeda dalam waktu tiga tahun itu bisa selesaikan studinya itu dengan giat belajar,” ujar Bupati.

Para mahasiswa ini, oleh Bupati Usman Wanimbo diingatkan kembali supaya pulang ke Tolikara untuk membangun Kabupaten Tolikara, jika sudah selesai mengenyam pendidikan di IT DEL Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tolikara, Michael Ury Rapang, S.IP kepada wartawan mengatakan, para mahasiswa asal Tolikara ini diberangkatkan pada hari Kamis (23/7) dan akan tiba di Kabupaten Toba Samosir keesokan harinya. Mereka akan menempuh pendidikan di Institut Teknologi (IT) DEL dengan satu Program Studi yaitu Program Teknologi Komputer.

“Universitas ini, ada di Kabupaten Toba Samosir. Asrama mereka telah disiapkan, termasuk orang tua asuh selama menempuh pendidikan disana dan institut ini mempunyai tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi,” kata pria yang akrab disapa Micha ini.

Micha menyebutkan, sebanyak 26 putra-putri asli Kabupaten Tolikara yang diberangkatkan ke IT DEL ini didampingi satu orang senior sebagai pendamping saat mereka berada disana.

“Jadi dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khusus orang asli Papua (OAP), sehingga kami dari Pemda Kabupaten Tolikara memberangkatkan sebanyak 25 putra-putri ke kampus DEL. Supaya mereka bisa menguasai tentang teknologi komputer sesuai dengan bidang atau jurusan yang mereka geluti nanti saat menempuh pendidikan disana,” tukasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here