KPU Keerom Gelar Pleno Rekapitulasi Calon Perseorangan : Yusuf Wally dan Henry Borotian Ikuti Proses

0
437
Suasana Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Keerom tahun 2020, yang dilaksanakan di Gedung Pramuk, Arso Swakarsa, semalam (20/7/2020). (Arief /LPC)

Hasilnya Yusuf Wally Peroleh 5.232 Dukungan, HenBo Peroleh 2.112 dukungan

KEEROM (LINTAS PAPUA) – KPU Keerom, menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Keerom tahun 2020, yang dilaksanakan di Gedung Pramuka, Arso Swakarsa, (20/7/2020).

Ketua KPU Provinsi Papua yang juga Ketua KPU Keerom, Theodorus Kossay, SS, MHum, memimpin kegiatan tersebut bersama komisoner KPU Papua dan Keerom, lainnya. Diantaranya Melkianus Kembu, Fransiskus Antonius Letsoin, Diana Dorthea Simbiak, Zandra Mambrasar, Adam Arisoi dan Zufri Abubakar.

Selain itu dari Bawaslu Keerom hadir Ketuanya, Natalia Yonggom dan 2 anggota lain yaitub Yaser Arius Runggamusi dan Carmiati. Tak ketinggalan dua bakal pasangan calon perseorangan bersama LO-nya. Yaitu Pasangan Yusuf Wally-Hadi Susilo serta Henrik Borotian-Hans Sumel.

Kegiatan diawali dengan sambutan ketua KPU dan dilanjutkan pleno rekapitulasi. Didahului dengan pembacaan hasil rekapitulasi tingkat distrik yang dibaca masing-masing Ketua PPD tingkat Distrik. Ada 11 distrik di Kabupaten Keerom, diawali dengan Distrik Waris hingga distrik Towe.

Dari data yang dibacakan PPD akhirnya diketahui hasil akhir rekapitulasi untuk Pasangan Bakal Calon Dr. Yusuf Wally, SE, MM dan Hadi Susilo : 5.232 Dukungan. Untuk Pasangan Bakal Calon Dr. Henry L. Borotian, S.KM, MM dan Hans Piter Sumel, SH : 2.112 Dukungan.

Usai kegiatan, Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay, SS, MHum, mengemukakan bahwa proses verifikasi hingga rekapitulasi dukungan bagi pasangan bakal calon Bupati/Wabup untuk Pilkada Keerom tahun 2020 ini adalah sebuah proses demokrasi yang telah berjalan dengan baik.

Mengenai hasil rekapitrlasi dukungan ia menyebut bahwa kedua pasangan bakal calon telah bisa menerima hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Keerom yang berakhir tadi malam. Ia juga menyebut bahwa kedua pasangan belum ada yang memenuhi jumlah dukungan minimal yang harus dipenuhi sebagai Bakal pasangan calon perseorangan adalah sebanyak 5.477 dukungan.

‘’Keduanya (bakal pasangan calon) bisa menerima hasil rekap, memang belum ada yang memenuhi, namun masih ada waktu bagi mereka untuk memenuhi sesuai ketentuan yaitu ada Masa Perbaikan Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan oleh KPU Kabupaten Keerom akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari tanggal 21 s.d 23 Juli 2020, yang mana hasilnya akan diumumkan oleh KPU Kabupaten Keerom pada tanggal 24 Juli 2020 mendatang,’’ungkapnya kepada lintaspapua.com, semalam.

Sementara dari hasil rekapitulasi tersebut, diketahui pasangan calon Yusuf Wally-Hadi Susilo masih membutuhkan sebanyak 490 dukungan, untuk memenuhi syarat minimal. Sementara pasangan Hendrik Borotian-Hans Sumel masih membutuhkan sebanyak 6.730 dukungan. (arief/lintaspapua.com)

—-

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here