Ketua Fraksi BTI Dukung Pernyataan Ondofolo Yanto Eluay : Rehabilitasi Rumah Adat Papua

0
85
Ketua Fraksi Bhinneka Tunggal Ika (BTI) DPRD Kabupaten Jayapura, H. Wagus Hidayat, SE. (Irfan /LPC)

Wagus Hidayat Harap DPMK dan Disbudpar Segera Tindaklanjuti Respon Menko PMK

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Ketua Fraksi Bhinneka Tunggal Ika (BTI) DPRD Kabupaten Jayapura, H. Wagus Hidayat, SE, menghadiri kunjungan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy beserta rombongan di Pendopo Igwa Igwa Ondikeleuw Haleufoiteuw Hele Wabhouw, Jalan Bisteur Pos, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (7/7/2020) sore lalu.

DPRD Kabupaten Jayapura mendukung pernyataan dari Ondofolo Kampung Sereh Yanto Eluay terkait pemugaran atau rehabilitasi rumah adat Papua dihadapan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy beserta rombongan saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Provinsi Papua.

Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI siap mendorong rehabilitasi rumah adat Papua di Kementerian/Lembaga terkait, untuk melestarikan kekayaan budaya bangsa.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa rehabilitasi rumah adat akan menjadi perhatian pihaknya, karena rumah adat merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa yang harus dilestarikan keberadaannya.

“Oleh karena itu, silakan kalau ada yang minta untuk pemugaran atau rehabilitasi rumah adat itu bisa lewat kami di Kemenko PMK dan nanti saya rekomendasikan ke Dirjen Kebudayaan Kemendikbud,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Fraksi BTI DPRD Kabupaten Jayapura Wagus Hidayat mengatakan DPRD sangat mendukung pernyataan dari Ondofolo Kampung Sereh Yanto Eluay terkait pemugaran atau rehabilitasi rumah adat di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura.

“Tentunya kami dari DPRD Kabupaten Jayapura mendukung apa yang disampaikan oleh pak Ondofolo Yanto Eluay tentang pemugaran rumah adat, yang mana kami lihat hal ini juga di respon positif oleh Menko PmK pak Muhadjir Effendy,” ucap Legislator PPP Kabupaten Jayapura ini ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini, di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (8/7/2020) sore.

“Dalam pernyataan pak menteri, bahwa untuk pemugaran atau rehabilitasi rumah adat itu akan menjadi prioritas (perhatian) pihaknya di Kemenko PMK. Karena di Papua, belum pernah ada usulan seperti itu. Sehingga kami sangat mensupport dan mendukung, apabila itu benar-benar di realiasasikan melalui dinas terkait,” sambung Dayat demikian sapaan akrabnya.

Untuk dinas terkait dalam hal ini DPMK maupun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dayat meminta, agar respon positif dari Kemenko PMK itu segera ditindaklanjuti. “Karena pemerintah pusat dalam hal ini melalui pernyataan pak Menko PMK sendiri itu sudah sangat merespon sekali, dan juga membuka diri untuk pemugaran rumah adat tersebut,” pintanya.

“Kami berharap dari dinas terkait seperti DPMK maupun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata agar segera menindaklanjuti pernyataan dan respon dari pak Menko PMK tersebut. Supaya pemugaran atau rehab rumah adat ini segera terealisasi,” tukas pria yang juga Ketua Terpilih BPD KKSS Kabupaten Jayapura. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here