Beberapa kegiatan penempatan kelas baru Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri (MTsPN) Arso X yang dihadiri Ketua GOW Keerom, Ny. Yani Piter Gusbager, yang dilaksanakan di Keerom, kemarin. (Arief/LPC)

Tempati Kelas Baru di Arso X, Wabup Keerom Piter Gusbager Beri Bantuan Dana Operasional

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Keerom, maka MTs Persiapan Negeri Keerom, kini telah resmi menjalankan proses pendidikan belajar dan mengajarnya. Berlokasi di Kompleks Masjid Baitul Muttaqin, Kampung Yaturaharja, Arso X, Selasa (7/7/2020) kemarin, dilaksanakan acara syukuran menempati ruang kelas baru dan memperkenalkan kepada masyarakat.

Selaku tuan rumah acara tersebut, Kepala Kemenag Keerom, Karel Mambay, SE, MPdK, Kepala MTs PN Keerom, Minarsih, MPd. Sedangkan para tamu yang hadir diantaranya Ketua GOW Keerom, Ny. Yani Gusbager, (mewakili Wakil Bupati Keerom), juga ada Ust. Nursalim (LP Maarif), A. Dimyati (PC NU Keerom), Imbang Warsiman (Kepala Kampung), dan tokoh masyarakat serta tokoh pendidikan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala MTs PN, menjelaskan untuk pembukaan tahun ajaran kali ini, sebagai angkatan I, MTs PN akan mendidik sebanyak 10 orang murid yang akan menempati 2 ruang kelas. Ruang kelas dan ruang guru yang digunakan statusnya masih menumpang di fasilitas kelas yang ada di kompleks masjid.

‘’Kami atas nama MTs PN menyampaikan terimakasih atas bantuan yang tak ternilai kepada pihak pengurus masjid, tokoh agama, tokoh pedidikan dan pihak donatur lain sehingga MTs PN bisa berjalan mulai tahun ini. MTs Keerom siap untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM di Keerom,’’ujarnya kepada lintaspapua.com usai acara.

Kepala Kemenag Keerom, Karel Mambay, SE, MPdK, menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati Keerom yang telah memberikan dukungan kepada MTs PN melalui Lembaga Pendidikan Maarif NU. (Arief/LPC)

Sementara itu, Wakil Bupati Keerom yang diwakili Ketua GOW Keerom, Ny. Yani Piter Gusbager, pada kesempatan tersebut menyampaikan dukungan untuk peningkatan kualitas SDM di Keerom dengan memberikan bantuan operasional kepada MTs PN sebesar Rp. 20 juta.

‘’Bapak Wabup, yang memiliki latar sebagai seorang dosen selama 16 tahun lebih, tentunya beliau menyampaikan sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas SDM di Keerom, termasuk dukungan kepada lembaga-lembaga yang memiliki kepedulian terhadap bidang pendidikan di Keerom,’’ujarnya.

Sementara Kepala Kemenag Keerom, Karel Mambay, SE, MPdK, menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati Keerom yang telah memberikan dukungan kepada MTs PN melalui Lembaga Pendidikan Maarif NU.

‘’Upaya peningkatkan SDM bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah tapi juga seluruh lapisan masyarakat, berdasar PP no 55 tahun 2007 tentang pendidikan agama dan keagamaan, semua lembaga-lembaga keagamaan diberi kesempatan untuk menghadirkan pendidikan yang berciri agama. Saat ini di Keerom telah ada 12 madrasah, termasuk 1 MIN, 1 MAN, yang belum adalah MTs Negeri, maka ini membuka peluang untuk kita sehingga adalah MTs PN juga berkat dukungan LP Maarif dan seluruh pihak termasuk Wabup Keerom, semoga MTs PN bisa mendukung terciptanya SDM berkualitas di Keerom,’’lanjutnya.

Sementara itu mewakil LP Maarif NU, Nur Salim Arrozy, menyampaikan beberapa waktu ini kepengurusan LP Maarif NU yang baru vakum namun diharapkan dengan adanya MTs PN, maka LP Maarif siap mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan agama bagi pembentukan karakter.

‘’LP Maarif NU akan siap untuk mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas SDM melalui bidang pendidikan termasuk untuk di Keerom ini,’’pungkasnya. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here