Peduli Tanaman Sagu, Wakil Ketua III DPR Papua, Yulianus Rumbairusy Kunjungi Pemkab Jayapura

0
669

Guna Memperoleh Data dari Disbunnak Terkait dengan Peta dan Sebaran Tanaman Sagu

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wakil Ketua III DPR Papua, Yulianus Rumbairusy, S.Sos, S.Sos, M.M, mengunjungi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Jumat (3/7/2020).

Yulianus Rumbairusy yang mengunjungi Pemkab Jayapura ini bersama staf ahli di DPR Papua. Dirinya mengunjungi Pemkab Jayapura ini untuk memperoleh data dari Dinas Perkebunan dan Peternakan terkait dengan peta maupun sebaran tanaman Sagu di Kabupaten Jayapura.

 

Kunjungi Pemkab Jayapura- Wakil Ketua III DPR Papua Yulianus Rumbairusy mengunjungi Pemkab Jayapura dalam hal ini Dinas Perkebunan dan Peternakan untuk mengetahui data terkait dengam peta dan sebaran Tanaman Sagu di Kabupaten Jayapura. (Irfan /LPC)

 

“Hari ini kami datang ke Kabupaten Jayapura setelah meminta ijin dari pak Bupati dan Wakil Bupati. Tak lupa kami menyampaikan terimakasih kepada pak Wakil Bupati dan juga ibu Sekda beserta jajarannya,”ungkap Yulianus Rumbairusy setelah dikonfirmasi sejumlah wartawan di VIP Room Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (3/7/2020).

Lanjut dirinya menjelaskan, kedatangannya saat ini untuk membahas potensi perkebunan yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura. Terutama potensi sagu dan potensi perkebunan lainnya.

“Kita di DPR Papua sempat berbicara tentang rencana-rencana untuk melihat potensi terutama sagu. Selain itu, di Kabupaten Jayapura juga terkenal dengan kakao, ikan dan masih banyak lainnya,” jelas Yulianus.

Kedatangan Wakil Ketua III DPR Papua untuk membahas potensi perkebunan yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura. Terutama potensi sagu dan potensi perkebunan lainnya. (Tampak suasana pertemuan. (Irfan /LPC)

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Dodi Samiyana memaparkan potensi-potensi hasil perkebunan yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura dihadapan Wakil Ketua III DPR Papua Yulianus Rumbairusy, yang juga dihadiri Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna Hikoyabi, S.pd, M.KP, para Asisten dan beberapa Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura. Hal lain juga yang dibahas adalah bagaimana cara mengolah sagu sehingga menghasilkan sagu yang baik.

“Kami diberi pencerahan dan pikiran yang sangat cerdas oleh teman-teman Eksekutif di sini. Tentunya sesuai dengan arahan dan dukungan dari pak Bupati dan Wakil Bupati Jayapura,” cetusnya.

 

Selain itu, Politisi PAN DPR Papua ini menyebutkan, bahwa pihaknya akan merencanakan apa yang menjadi poin penting dalam pembahasan bersama pihak dari Kabupaten Jayapura dalam mengembangkan hasil perkebunan dan juga upaya dari pemerintah Kabupaten Jayapura untuk menumbuhkan kembali perkebunan coklat kedepannya.

“Seperti yang sudah disampaikan tadi, kita akan lebih mengarah pada semacam home industri. Karena kalau kita bikin pabrik sagu dalam kapasitas yang besar dan pengolahan yang besar pula, nanti kedepannya sagu tidak lama lagi akan habis,” sebut Yulianus.

Lanjut Yulianus mengaku, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah mendorong potensi pengembangan hasil perkebunan yang ada di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Kami dari pihak DPR Papua akan membantu teman-teman dari Pemerintah Kabupaten Jayapura mencoba mendorong, agar potensi-potensi perkebunan yang ada di sini bisa dikembangkan dengan baik,” tukasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here