Ttim COVID mendapat penolakan dari masyarakat kampung Banumdol Distrik Oksibil. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Untuk memastikan Daerah Pegunungan Bintang (Pegubin) berada pada zona merah atau hijau dari ancaman pandemi virus corona yang kini sedang merebak dari barat ke timur indonesia maka Tim Gugus Covid-19 Pegubin terus melakukan rapid diagnostic test (RDT).

Ketua Tim Covid-19  Pegubin, Yeremias Tapyor S.Km. (ISTIMEWA)

Ketua tim covid-19 Pegubin, Yeremias Tapyor S.Km mengatakan, RDT harus dilakukan mau atau tidak mau, suka atau tidak sebab ini guna memastikan zona di wilayah Pegubin.

“Jadi tim gugus tugas terus melakukan berbagai upayah untuk melakukan RDT bagi masyarakat yang ada di wilayah pegubin terutama di 4 Distrik dalam wilayah ibu kota kabupaten yakni, Oksibil, Kalomdol, Serambakon dan Ok Aom,” ujarnya, Rabu (1/72020).

Meski demikian kata Yeremias, dalam upaya tersebut dihadapkan dengan realita dan kondisi nyata di lapangan, terutama kurangnya sosialisasi tim gugus tugas kepada masyarakat sehingga mengakibatkan masyarakat mosi tidak percaya terhadap tim gugus covid-19.

“Di sisi yang lain masyarakat optimis dengan di lakukannya pencegahan tradisional yakni inisiasi adat menjadi salah satu keberhasilan masyarakat mencegah covona masuk wilayah pegubin,” katanya.

Diakui, serta lambatnya realisasi pencegahan dari tim covid kabupaten tentang upayah pencegahan mengakibatkan ini siasi adat sebagai pencegahan utama di mata masyarakat sehingga sejumlah upayah yang di lakukan tim covid pegubin untuk mencegah masuknya pandemi virus corona di pegubin menjadi kotra di masyarakat.

 

“Meskipun demikian sebagai tugas dan kewajiban tim covid kami akan terus melakukan upayah dan bekerja keras untuk keselamatan kita bersama,”jelas Yeremias

Yeremias yang juga Kadinkes Pegubin itu mengungkapkan, pihaknya baru di berikan mandat oleh Bupati sekira pertengahan bulan Juni untuk menangani virus corona. Dijelaskan waktu kerja efektif baru dua minggu setelah di berikan mandat.

Ia mengakui, ini merupakan tim covid yang ke-3 kalinya, setelah tim pertama dan kedua, oleh sebab itu tujuan utama kami tim covid kali ini adalah melakukan pengamanan di wilayah perbatasan dan memastikan pegubin berada di zona mana.

“Nah untuk memastikan zona itu tahapan yang kami harus lalui adalah, melakukan RDT secara masal kepada seluruh masyarakat di dalam ibu kota maupun di wilayah perbatasan antara negara maupun antar daerah,”katanya.

Dirinya juga menambahkan setelah melakukan rdt dan memperoleh hasilnya barulah kami akan melakukan upayah dan langkah selanjudnya, sebab tanpa menemukan di zona mana kita berada tentu upayah yang di lakukan akan sia-sia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here