JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kampung Warbo yang berada di Wilayah Arso 7, Kabupaten Keerom, Papua dicanangkan Insepektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw sebagai pilot project pembangunan Kampung tangguh Papua Penuh Damai (Papeda).

Penetapan Kampung Warbo sendiri kata Kapolda Waterpauw, karena memenuhi beberapa kriteria

“Terpilihnya kampung Warbo sebagai kampung tangguh Papeda karena ketangguhan dan rasa kebersamaan serta disiplin mereka dalam menghadapi pandemi Covid-19,” katanya, Rabu (1/7).

Dengan kebersaman dan ketangguhan warga kampung di sini sehingga mereka bergerak cepat dalam mencegah Covid-19 dengan melakukan sosial distancing.

“Awalnya hanya lima orang warga yang positif Covid-19, namun dengan ketangguhan mereka akhirnya menurun menjadi satu orang,” ujarnya.

Dikatakan, pembangunan kampung tangguh berdasarkan pada kepedulian, kebersamaan dan upaya yang dilakukan bersama dalam rangka mengatasi pandemi Covid-19.

“Penghuni di kampung Warbo multi suku, multi etnis dan multi agama akan tetapi sampai hari ini baik–baik saja, kedamaian dan hidup rukun bergotong royong,” ungkap Kapolda

Selain itu juga jelas Kapolda, warga di kampung Warbo mempunyai produksi pangan lokal yang luar biasa, seperti peternakan lele, ayam, sayur mayur dan buah-buahan. Ini artinya bahwa mereka siap secara mandiri untuk menjadi wilayah yang tangguh menghadapi pandemi Covid-19.

“Saya lihat kepedulian yang luar biasa, sehingga diputuskan bersama Bupati, kampung Warbo dipilih sebagai Pilot project,” katanya.

Pihaknya berharap dengan adanya launching ini akan memacu wilayah lain, sebagai wilayah yang tangguh terhadap pandemi covid-19. (Gracio/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here