Kemalasan Menghalangi Berkat Tuhan : Mari Rajin Kerja dan Berdoa

0
1559

Kemalasan Menghalangi Berkat Tuhan

Baca: Yosua 18:1-10

“Sebab itu berkatalah Yosua kepada orang Israel: ‘Berapa lama lagi kamu bermalas-malas, sehingga tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan kepadamu oleh Tuhan, Allah nenek moyangmu?'” (Yosua 18:3).

Dari ayat firman Tuhan yang kita baca dinyatakan bahwa masih ada tujuh suku di antara orang Israel yang belum mendapatkan bagian milik pusaka atau warisan (ayat 2), padahal Tuhan telah memberikan Kanaan secara penuh kepada bangsa Israel.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Yosua dengan tegas menegur mereka, “Berapa lama lagi kamu bermalas-malas, sehingga tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan keapdamu oleh Tuhan, Allah nenek moyangmu?” (ayat nas).


Ringkasan Kitab Wahyu Pasal 12-22

Pada bagian pertama kita menelusuri bagaimana Yohanes menyusun nubuatan apokaliptik ini sebagai sebuah surat edaran kepada ketujuh jemaat di Asia Kecil untuk menantang dan menguatkan orang-orang Kristen yang sedang mengalami penderitaan oleh karena sikap apatis dan penganiayaan di bawah kekasiaran Romawi. Kita juga menemukan simbol utama yang digunakan Yohanes untuk Yesus, yakni Anak Domba yang disembelih yang telah menaklukkan musuh-musuh-Nya dngan mati bagi mereka. Anak Domba itulah yang pada akhirnya bisa membuka gulungan kitab yang berisi tujuan Allah untuk mendatangkan kerajaan-Nya di bumi seperti di sorga.

Di bagian pembukaan gulungan kitab tersebut terdapat peringatan akan penghakiman, mirip dengan tulah-tulah atas bangsa Mesir; dan sama seperti Firaun, bangsa-bangsa tidak mau bertobat. Lalu Yohanes memperkenalkan pasukan multietnis dari Anak Domba, dan dari gulungan kitab yang terbuka itu menyingkapkan misi mereka yaitu mengikuti Anak Domba dengan menjadi saksi bagi keadian dan belas kasihan Allah di hadapan bangsa-bangsa yag buas, meskipun itu bisa mendatangkan maut bagi mereka sendiri. Mereka akan menaklukkan binatang itu dengan memberikan hidup mereka, sama seperti Anak Domba; dan inilah yang akan menggerakkan hati bangsa-bangsa itu untuk bertobat.

Pada bagian selanjutnya dari kitab ini, Yohanes akan menunjukkan gambarannya tentang binatang ini dan permusuhannya dengan umat Allah, serta bagaimana keseluruhan kisah ini akan berakhir.

Sebuah video animasi yang menjelaskan secara singkat tentang kitab Wahyu pasal 12-22. (Disadur Dari Aplikasi Renunugan Harian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here