Tegas, TNI dan Polri Siap Amankan Kabupaten Jayapura dari Gangguan

0
384
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timothius J. Demetouw, SE, M.Si. (Irfan / LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – TNI dan Polri dengan tegas akan mengamankan wilayah Kabupaten Jayapura dari segala macam bentuk gangguan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), yang selama ini telag terbina dengan baik.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timothius J. Demetouw, SE, M.Si, mengatakan, Pemerintah Kabupaten bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah mengadakan pertemuan menyikapi situasi politik yang kini berkembang di Kota Jayapura yang diyakini akan berdampak terhadap situasi Kamtibmas sekarang.

“Informasi yang diterima dari pihak TNI dan Polri mereka telah menyiapkan personilnya di Kabupaten Jayapura untuk antisipasi jikalau ada gerakan-gerakan yang dapat menganggu, sehingga kami meminta kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk tidak terpengaruh situasi itu. Karena dari sisi keamanan semua itu telah di antisipasi lebih dulu,” jelasnya, usai dirinya mengikuti pertemuan bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura dengan Forkompimda, Tokoh Agama dan Tokoh Adat menyikapi situasi kamtibmas di Papua, di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (17/6/2020).

Karena itu, perlu adanya dukungan dari semua tokoh baik tokoh agama, tokoh adat untuk kiranya dapat memberikan informasi serupa kepada masyarakat di tempatnya masing-masing, untuk bisa menahan diri dengan tetap berada di rumah dengan mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Seperti berkebun atau mengolah lahan pekarangan untuk ketahanan pangan, termasuk pihak gerejapun demikian mereka telah bekerjasama dengan pimpinan klasis maupun pimpinan gereja-gereja di tanah Tabi, mereka telah menyatakan diri tidak bergabung pada situasi yang kini berkembang,” harap Timotius.

Kata Timotius, pernyataan sikap itu disampaikan semata-mata untuk menjaga Kamtimbas di Kabupaten Jayapura sebagai Zona Integritas antar Suku, Ras, Agama dan Antargolongan.

“Itulah kesimpulan dari rapat bersama intinya mereka tidak terpengaruh dengan situasi yang ada, serta pihak TNI dan Polri siap memback up pemerintah dalam mengamankan dari seluruh gangguan seperti aksi demo yang mungkin saja akan masuk di Kabupaten Jayapura,” pungkasnya.(Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here