Komisi Informasi Papua Apresiasi Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura Dalam Pelayanan Informasi

0
228

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Komisi Informasi Papua mengapresiasi tim Gugus Tugas Covid-19 kota Jayapura dalam hal pelayanan dan informasi kepada masyarakat.

Demikian disampaikan ketua Komisi Informasi Provinsi Papua Wilhelmus Pigai, saat melakukan kunjungan di kantor wali kota Jayapura, Kamis, (11/6/2020) siang.

“Kami apresiasi pelayanan tim gugus tugas covid-19 kota Jayapura dan kami berharap kendala-kendala yang ada bisa segera terselesaikan,”katanya.

Ia mengakui, tim gugus tugas covid-19 Kota Jayapura telah melakukan begitu banyak program terutama saat pandemi covid-19.

Dalam pertemuan itu jelas Wilhemus, ialah untuk memastikan pelayanan informasi yang diberikan kepada masyarakat selama masa pandemi Covid-19 ini tepat sasaran.

Ditambahkan, Komisi Informas memiliki kewenangan untuk mendorong badan publik supaya bisa memberikan layanan informasi yang benar kepada masyarakat.

Sehingga pihaknya telah membentuk tim pemantauan dan pendampingan wilayah informasi publik.

“Tim ini mendorong badan publik di semua tingkat hingga RT/RW agar dapat menyediakan layanan informasi dengan baik sehingga mempermudah masyarakat dapat mengakses informasi,” ujarnya.

“Kami mau masyarakat benar-benar mendapatkan layanan informasi yang baik dengan berbagai macam media, baik cetak, elektronik hingga media sosial. Jadi badan publik bisa menggunakan media ini untuk memberikan informasi kepada khalayak termasuk penggunaan anggaran,”katanya menambahkan.

Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi Gugus Tugas Covid-19, Henry Winston Muabuay mengatakan, tim yang dibentuk akan melalukan pendampimgan. Sebab menurutnya, analisa informasi yang kurang tepat pada akhirnya bisa saja banyak terjadi sengketa informasi yang muncul.

“Untuk itu jauh-jauh hari kami lakukan pertemuan dengan badan publik untuk bisa memberikan informasi yang baik, tentu jika ada sengketa yang muncul kita akan lakukan pendampingan,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi, pemyampaian Ketua Tim Gugus Tugas Kota Jayapura yang menurutnya sudah sangat jelas.

“Biasanya akan muncul itu sengketanya masalah penggunaan anggaran karena memang cukup besar. Kami temukan di salah satu distrik yang menggunakan DPA mereka untuk gugus tugas sementara, padahal sudah ada pemotongan anggaran di sana-sini, maka itu perlu keterbukaan informasi,” katanya.

Menanggapinya Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru mengatakan pihaknya telah memberikan informasi yang berkaitan dengan penanganan Covid di Kota Jayapura secara lengkap.

“Kita diminta agar informasi yang diberikan tidak menimbulkan kegaduhan dan bukan hoax. Maka mereka meminta gugus tugas untuk melibatkan komisi informasi dalam penanganan covid di Kota,”ujar Rustan.

Dalam pertemuan kata Rustan Saru yang juga wakil wali kota Jayapura memaparkan, semua informasi termasuk kendala di lapangan dari semua sisi juga seluruh pokja penanganan Covid.

“Kedua kami sampaikan juga distribusi sembako termasuk mengenai kendala penyaluran dan kendala penanganan Covid,” jelasnya.

Dalam penanganan Covid di Kota Jayapura sambung Rustan, umumnya terdapat dua kendala yakni persoalan lamanya mendaptkan hasil swab PCR dan kedua mengenai terbatasnya tempat penampungan pasien baik di rumah sakit dan hotel

Pihaknya pun meminta semua masyarakat untuk mengikuti instruksi pemerintah dalam menerapkan pola hidup sehat. (Gracio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here