Piter Gusbager Dikukuhkan Sebagai Ketua PAW KONI Keerom

0
278
Suasana pelantikan pengurus PAW KONI Kabupaten Keerom, yang dilaksanakan di Gedung Pramuka, Arso Swakarsa. (Arief /LPC)

Kenius Kogoya : Sesuai UU no 03 Tahun 2015, Pemerintah Harus Perhatikan Olahraga

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Sekretaris Umum KONI Provinsi Papua, Kenius Kogoya, SP, MSi, akhirnya mengukuhkan Pengurus PAW KONI Kab. Keerom, periode 2017-2021, dalam suatu acara pengukuhan yang dilaksanakan di Gedung Pramuka, Arso Swakarsa, Keerom, pada Selasa (9/6/2020).

Dalam susunan kepengurusan, dikukuhkan sebagai Ketua Umum KONI Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, sementara sebagai Sekum, Sucahyo Agung, DA, SIP, MSi, dan sebagai Ketua Harian, Fret Tiris.

Pada acara pengukuhan yang dihadiri tamu undangan dari unsur TNI, Polri, tokoh adat, tokoh agama, dll, Sekum atas nama Ketua Umum KONI Papua, melakukan pelantikan ditandai dengan pembacaan SK kepengurusan, penyerahan pataka KONI dilanjutkan dengan penandatangan berita acara pengukuhan.

Ketua Umum KONI Keerom, yang juga Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, usai kegiatan pelantikan mengemukakan terimakasih atas kepercayaan KONI Papua kepada dirinya dan pengurus untuk dikukuhkan sebagai Pengurus PAW KONI Keerom Periode 2017-2021.

 

‘’Apresiasi kami sampaikan kepada Sekum yang datang mewakili Ketum untuk mengukuhkan pengurus PAW KONI Keerom. Selanjutnya sejak hari ini, KONI Keerom akan melakukan konsolidasi organisasi, memverifikasi cabor-cabor dan mengecek keabsahan organisasinya,’’ujarnya kepada wartawan usai pengukuhan.

Ia menambahkan,  bahwa saat ini sebanyak 28 terdaftar di KONI Keerom. ‘’Kita akan verifikasi, mana yang habis masa kepengurusannya, melakukan konsolidasi internal dan pembenahan internal. Karena sudah 2 tahun ini terjadi kevakuman,’’tambahnya.

Ia juga menyebut bahwa strategi dalam pembinaan olahraga di keerom adalah dengan melakukan pembinaan terhadap cabor, akan memberikan penghargaan kepada cabor berprestasi dan akan membina cabor yang belum berprestasi untuk berprestasi kedepannya.

‘’Kita juga akan melakukan pembinaan terhadap atlet yang berprestasi, pelatih, pembina dan potensi lain. Ini penting, karena saat ini ada 14 atlet dari Keerom yang tengah mengikuti pelatihan tingkat daerah untuk memperkuat Papua pada PON XX nanti,’’lanjutnya.

Untuk itu ia meminta dukungan semua pihak insan olahraga yang ada untuk kemajuan olahraga di Keerom. ‘’KONI sebagai organisasi olahraga hadir untuk melatih anak bangsa di Keerom, untuk membina dan membentuk karakter generasi muda. Mari kita galang anak muda di Keerom agar mereka tak masuk dalam pergaulan negative seperti Narkoba, Miras, dll, maka dukungan semua pihak sangat kita perlukan,’’pungkasnya.

Ketua Umum KONI Keerom, yang juga Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, saat dilantik dan dikukuhkan Sekretaris Umum KONI Provinsi Papua, Kenius Kogoya, SP, MSi, (Arief /LPC)

Sementara itu Sekum KONI Papua, Kenius Kogoya, SP, MSi, mengemukakan bahwa pengukuhan Pengurus PAW KONI Keerom merupakan bagian dari rancangan Tuhan yang harus disyukuri. Karena ditengah Pendemi Covid dan kini memasuki ‘new normal’ tapi KONI Keerom bisa dikukuhkan.

‘’Kita tahu dewasa ini dunia dilanda pandemi Covid-19 telah mempengaruhi dan mengoyang seluruh sendi kehidupan kita semua, mulai dari ekonomi, bahkan politik. Namun demikian janganlah ini membuat kita patah semangat, presiden kita sudah menyampaikan tatanan hidup baru atau new normal, pelantikan ini adalah kegiatan pertama kita di era new normal ini,’’ujarnya.

Karenanya, ia mengemukakan apresiasi kepada panitia dan KONI Keerom yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara pengukuhan. ‘’Karenanya, kami atas nama pimpinan KONI Papua, menyampaikan apresiasi atas kerja keras untuk kemajuan olahraga di Keerom,’’lanjutnya.

Ia juga mengingatkan bahwa sesuai amanat UU no 03 tahun 2015 tentang system keolahragaan bahwa sifatnya wajib bagi pemerintah untuk mengalokasikan anggaran untuk pembinaan olahraga.

‘’Ini menjadi catatan penting agar daerah bisa menciptakan system pembinaan olahraga yang baik, siapkan anggaran yang baik, dengan SDM yang baik dan mumpuni untuk mempersiapkan atlet berprestasi di kabupaten Keerom kedepan,’’pungkasnya.

Usai kegiatan pengukuhan, para tamu undangan disuguhi eksebisi olahraga karate, pantaque, woodball dan menembak. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here