Kali ini (30/5/20) Wabup, melakukan kunjungan kerja ke lokasi persawahan dan kompleks perusahaan CV. Maju Padi Sejahtera yang berlokasi di Kampung Baburia, Distrik Arso Barat. Kab. Keerom. (Arief /LPC)

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, terus bergerak untuk melihat secara langsung perkembangan sector pertanian di Kabupaten Keerom. Kali ini (30/5/20) Wabup, melakukan kunjungan kerja ke lokasi persawahan dan kompleks perusahaan CV. Maju Padi Sejahtera yang berlokasi di Kampung Baburia, Distrik Arso Barat. Kab. Keerom.

Dalam kunjungan ini, Wabup disambut langsung Direktur CV. Maju Padi Sejahtera, Kenan Sipayung. Selanjutnya melihat proses pembibitan, penanaman dan pengairan yang ada di lokasi tersebut yang menggunakan system mekanisasi. Bahkan wabup mencoba langsung penanaman padi di sawah menggunakan alat pertanian.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, bersama Direktur CV Maju Padi Sejahtera, Kenan Sipayung, saat meninjau langsung sawah lahan basah yang dilakukan secara mekanisasi dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Keerom menuju swasembada beras. (Arief /LPC)

Wabup nampak antusias atas kunjungan ini dan menyebut bahwa kunjungan tersebut adalah dalam rangka inisiasi memajukan sector pertanian tanaman pangan, yaitu komoditas padi sawah yang sebagai tahap I dilaksanakan sebanyak 200 hektare dari rencana 800 hektare yang direncanakan.

‘’Kedatangan saya ke persawahan dan kompleks perusahaan dalam rangka kunker sekaligus memberikan dukungan kepada sector industry inovatif dan ekonomi berbasis pertanian, harapan bahwa apa yang dikerjakan disini adalah penting untuk daerah keerom,’’ujarnya.

Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, terus bergerak untuk melihat secara langsung perkembangan sector pertanian di Kabupaten Keerom. (Arief /LPC)

Menurutnya, program kemitraan atau Public Private Partnership (PPPs) di Kabupaten Keerom, akan menjadi protype atau model pertanian menuju swasembada beras di Kabupaten Keerom.

‘’Untuk itu saya telah sampaikan bahwa Pemkab Keerom bersedia untuk jadi mitra dan mendukung manajemen dan operasi usaha ini. Hal ini untuk menggalakan sector pertanian baik untuk komoditi sawah lahan basah dan lahan kering, seperti yang telah kita lakukan dia arso 4 dan sekitarnya belum lama ini,’’lanjutnya.

Wabup juga menyebut bahwa, mekanisasi pertanian akan sejalan dengan rencana pendirian fakultas teknologi pertanian Uncen di Distrik Arso Timur. Selain itu, ia mengusulkan agar juga dibuat design agrowisata secara terintegrasi sesuai visi membangun ketahanan pangan dan membangun industry kreatif di kabupaten keerom.

Sementara itu Direktur CV. Maju Padi Sejahtera, Kenan Sipayung, menjelaskan bahwa rencana pihaknya untuk membuka lahan pertanian system mekanisasi adalah seluas 800 hektare namun saat ini masih dalam tahap I dilaksanakan seluas 200 Hektare.

‘’Dengan sistem mekanisasi maka mulai dari persemaian, penananam dan penyemportan basmi gulma dan hama serta panen kita alat mekanisasi. Selanjutnya kita giling, karena disini kita bangun kilang, beras dikemas menjadi berupa beras yang siap dipasarkan. Padi kita disini menggunakan varietas jenis lestari, dan bibit ini akan menghasilkan beras super yang saat ini banyak di pasaran,’’jelasnya.

Kali ini (30/5/20) Wabup, melakukan kunjungan kerja ke lokasi persawahan dan kompleks perusahaan CV. Maju Padi Sejahtera yang berlokasi di Kampung Baburia, Distrik Arso Barat. Kab. Keerom. (Arief /LPC)

Ia juga menjelaskan saat ini pihaknya mempekerjakan karyawan sebanyak 17 orang yang berasal dari kampung-kampung sekitar lokasi pertanian. Ia pun menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan dukungan Wakil Bupati Keerom ke lokasi tersebut.

‘’Kami sampaikan terimakasih atas kunjungan bpk Wakil Bupati, dan kami siap untuk bermitra dengan Pemkab Keerom agar kedepan perusahaan juga semakin memberi manfaat kepada kabupaten dan masyarakat keerom, kita akan lakukan sharing ilmu, bantu bibit dan kita kemas di kilang kita. Kita juga menerima banyak masukan dari pak Wakil Bupati untuk kemajuan usaha ini dan bagi masyarakat Keerom kedepan,’’pungkasnya. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here