JAKARTA (LINTAS PAPUA)  –  Susan dan saya mengucapkan selamat Idul Fitri kepada umat Muslim di seluruh dunia.

Selama sebulan terakhir, umat Muslim di Amerika Serikat dan negara lainnya menjalankan puasa, yang menitikberatkan pada refleksi spiritual, komunitas dan nilai-nilai rasa syukur, kasih sayang, kedermawanan, juga adaptasi cara beribadah dan menjalankan Ramadan di dunia yang berubah akibat pandemi global.

Ramadan dan Idul Fitri mengingatkan kita akan pentingnya komunitas, memberikan pelayanan, serta perlindungan terhadap kebebasan yang mendasar seperti beragama atau berkeyakinan, terutama di saat krisis seperti ini. Di tengah pandemi global, komunitas-komunitas Muslim seperti Uighur, Rohingya, dan lainnya menghadapi tantangan berat untuk dapat mempraktikkan kepercayaan mereka bahkan mereka dihadapkan pada ancaman-ancaman yang lebih besar lagi, termasuk dijadikan kambing hitam, dianiaya, dan ditahan.

Kami sangat berterima kasih kepada organisasi-organisasi bantuan swasta Islam, baik di Amerika maupun di seluruh dunia, dengan pekerjaan heroiknya, mereka telah menyelamatkan nyawa. Kami bergabung bersama komunitas Muslim untuk berdiri dalam solidaritas dengan mereka yang tertindas, apa pun kepercayaan atau tafsir mereka, serta menyerukan kepada semua pemerintah untuk melindungi kebebasan beragama bagi semua.

Kepada seluruh umat Muslim di dunia, kami ucapkan selamat Idul Fitri. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here