Tuhan adalah Sumber Pertolongan yang Sejati

Kiriman dari:
Meyta Purnama

Baca: Mazmur 34

“Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.” (Mazmur 34:18)

Selama kita di dunia ini, masalah dan pergumulan hidup akan selalu ada, dan kita tidak bisa menghindarinya, dengan kata lain kita harus menghadapinya. Mengapa masalah selalu ada? Masalah selalu ada karena dunia di mana kita tinggal sekarang ini berada di bawah kuasa si jahat (1 Yohanes 5:19).

Beberapa masalah yang kita hadapi bisa terasa biasa-biasa saja, namun ada masalah yang begitu mendesak dan menyudutkan, sehingga membuat kita bisa berputus asa dan kehilangan pengharapan.

Namun kita sebagai orang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, jika hal tersebut terjadi atas kita, hendaklah kita tetap bersifat tenang, jangan panik, jangan kuatir, dan jangan takut. Sebab kita punya Tuhan yang sanggup menolong dalam segala kesesakan kita. Kita harus percaya bahwa Tuhan yang pegang kendali dalam setiap keadaan, tetap percaya Tuhan dan mengandalkan Dia.

Hampiri Tuhan, berlutut dan berdoalah kepada-Nya, dan menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Percayalah bahwa apapun yang terjadi dalam hidup kita, Tuhan tidak pernah tinggalkan kita, Tuhan pasti turut campur tangan dalam menyelesaikan setiap pergumulan kita, dan tetap percaya semua yang terjadi seijin Tuhan, pasti akan mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia.

Jangan kita biarkan masalah mengintimidasi iman kita. Tetaplah percaya bahwa kuasa Tuhan lebih besar dari semua masalah yang kita hadapi. Dia pasti akan turun tangan memberikan pertolongan bagi kita, sehingga kita akan keluar dari setiap masalah atau persoalan kita sebagai pemenang.

 “Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.” (1 Korintus 15:57).

Refleksi Diri
1. Apa tindakan yang kita lakukan saat menghadapi tekanan masalah dalam hidup kita?
2. Apa janji Firman Tuhan kepada orang-orang yang datang meminta pertolongan Tuhan?

Pokok Doa
Bapa sorgawi, di tengah pergumulan yang menekan jiwa ini, kami berharap hanya kepada-Mu. Curahkanlah anugerah dan kasih-Mu kepada kami, limpahkan kekuatan-Mu kepada kami sehingga kami mampu menghadapi dan melewati segala pergumulan kami dengan menjadi seorang pemenang. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

Yang Harus Dilakukan
Baik kita sedang menghadapi masalah atau keadaan kita sedang baik-baik saja, tetaplah percaya kepada Tuhan dan berharaplah hanya kepada-Nya. “Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus.” (1 Petrus 1:13).

Hikmat Hari Ini
Saat kita berhadapan dengan masalah dan tantangan hidup, atau sedang dalam kesesakan, Tuhan adalah satu-satunya sumber pertolongan yang dapat kita percaya. “Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.” (Ibrani 4:16).

Setiap firman Tuhan yang kita aminkan, maka firman Tuhan itu akan hidup dalam kehidupan kita secara nyata. Terpujilah Tuhan Yesus. Amin. (Disadur Dari Aplikasi Renungan Online)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here