Bantuan fressher dan genset yang diberikan kepada kelompok nelayan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Jayapura, Parson Horota mengatakan, salah satu program kerja yang sedang dilaksanakan saat ini adalah memberikan penguatan kepada Koperasi di sejumlah Kampung-Kampung di Distrik Demta, Yokari dan Depapre.

Dikatakan, program penguatan dalam bentuk bantuan fasilitas pendukung yang nantinya digunakan di masing-masing Koperasi.

Kata Parson, Koperasi harus menjadi tempat penampungan tetapi sekaligus mengelola hasil SDA yang dihasilkan oleh masyarakat. Baik dari Kebun, maupun hasil laut.

” Ada 16 fasilitas pendukung yang diberikan kepada masing-masing koperasi, seperti motor dan speadboad masing-masing dua unit, genset 3 unit, dan freesher 3 unit dan fasilitas lain untuk kebutuhan kerja di laut,” ujar Parson saat dihubungi di Sentani. Minggu (24/5/2020).

Untuk hasil laut, kata Parson, pihaknya telah bekerja sama dengan investor China dan Korea. Dalam hal ini, masyarakat diharapkan dapat mencari dan mengumpulkan hasil laut sebanyak-banyaknya lalu di salurkan kepada Koperasi di kampung masing-masing.

” Koordinasi lintas sektor juga kita lakukan, agar ada sinergitas dalam bekerja,” katanya.

Target untuk kebutuhan program, lanjut Parson, ada enam Koperasi yang dipersiapkan. Saat ini sudah ada tiga koperasi masing-masing di Distrik Demta, Yokari, dan juga Depapre.

” Selain fasilitas pendukung 16 unit barang), tiap koperasi diberikan dukungan dana sebesar 235 juta,” ungkapnya.

Parson berharap, dimasa penanganan Covid-19 saat ini, bantuan fasilitas pendukung dan juga dana dapat digunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan masyarakat dimasing-masing Kampung. (Irfan /Diskominfo Kabupaten Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here