Ketika Hadapi Masalah, Fokuslah kepada Allah

0
1504

Ketika Hadapi Masalah, Fokuslah kepada Allah
Kiriman dari:
Meyta Purnama

Baca: Mazmur 16:1-11

“Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.” (Mazmur 16:8)

Sering kali tanpa kita sadari, ketika kita diperhadapkan pada masalah yang besar, fokus kita tertuju pada besarnya masalah yang ada, sehingga kita pesimis untuk dapat keluar atau melewati masalah tersebut.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Hal itu bisa terjadi karena kita melihat masalah itu terlalu berat atau lebih besar dari kekuatan atau kemampuan kita, sehingga akhirnya kita menyerah pada masalah tersebut.

Belajar dari pengalaman Daud ketika Dia menghadapi para lawannya. Daud berkata: “Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.” (Mazmur. 16:8). Daud tau rahasia hidup berkemenangan, yaitu saat dia menghadapi setiap masalahnya, atau setiap musuh-musuhnya, dia selalu fokus kepada Tuhan, atau dengan kata lain menjadikan Tuhan sebagai tempat dia berharap dan mendapatkan pertolongan, sebab Daud percaya bahwa hanya Tuhan yang sanggup memberikan pertolongan pada setiap masalah yang dihadapinya dengan sempurna.

“Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN memberi kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya dan menjawabnya dari sorga-Nya yang kudus dengan kemenangan yang gilang-gemilang oleh tangan kanan-Nya.” (Mazmur 20:7).

Selama kita hidup di dunia kita akan diperhadapkan pada masalah, karena dunia di mana kita tinggal sekarang ini, berada di bawah kuasa si jahat (1 Yohanes 5:19). Namun kita tidak perlu takut, karena kita punya Tuhan yang sanggup mengatasi setiap permasalahan kita dengan tuntas.

Hari ini jika kita ingin mengalami kemenangan dalam setiap pergumulan kita, jangan kita fokus kepada besarnya masalah yang kita hadapi, akan tetapi arahkan pandangan mata hati kita kepada kasih Tuhan yang besar, yang dapat memberikan kelepasan, pertolongan dan kemenangan atas setiap pencobaan.

Refleksi Diri
1. Apakah kita pernah atau sedang mengalami masalah yang berat dan kita tidak tahu harus berbuat apa? Ke mana kita mencari pertolongan?
2. Mengapa kita perlu untuk fokus dan percaya kepada Tuhan saat mengalami masalah dan tantangan hidup?

Pokok Doa
Bapa sorgawi, di tengah kesulitan dan tantangan dalam hidup kami, kami percaya Engkau sanggup memberikan pertolongan dan jalan keluar. Kami mengarahkan iman percaya kami hanya kepada-Mu saja, sebab hanya Engkau Tuhan Pribadi yang dapat dipercaya, penuh kasih setia dan kebaikan. Engkau adalah Tuhan yang lebih besar dari setiap masalah kami. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami terima pertolongan-Mu. Amin.

Yang Harus Dilakukan
Datanglah kepada Tuhan dalam segala bebanmu dan terimalah dengan iman akan pertolongan-Nya, sebab segala janjinya adalah milik kita (Yesaya 41:10).

Hikmaat Hari Ini
Selama kita hanya fokus kepada masalah, maka kita tidak akan pernah melihat kuasa Tuhan yang besar bekerja di antara kita, yang akan menyelesaikan setiap masalah kita. Fokuslah kepada Tuhan, karena Dia ada di antara kita sebagai pahlawan yang memberikan kemenangan (Zefanya 3:17).

Setiap firman Tuhan yang kita aminkan, maka firman Tuhan itu akan hidup dalam kehidupan kita secara nyata. Terpujilah Tuhan Yesus. Amin. (Dikutip  Aplikasi Renungan Harain)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here