Bupati Mathius Awoitauw Ajak Semua Komponen Masyarakat Bekerjasama Lawan Corona

0
262
"Kita ada siapkan 1000 rapid test hari ini, saya sudah sampaikan ke tim kesehatan supaya fokus dulu di beberapa RW di Pasar Lama," kata Bupati Mathius Awoitauw. saat saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Rabu (22/4/2020). (Humas Covid-19 Kabupaten Jayapura)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, semua warga masyarakat di Kabupaten Jayapura harus bekerja sama melawan corona, baik dalam penanganannya, pendistribusian logistik sembako, penyemprotan disinfektan bahkan harus tinggal dirumah masing-masing.

Infografis dan Peta Geografis dari Media Center Posko Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura update Rabu (22/4/2020) kemarin malam sekitar pukul 19.00 WIT. (Humas Covid-19 Kabupaten Jayapura)

Hal ini diktakan Awoitauw di lobby Hotel Sunny Garden Lake Sentani sebelum meberikan bantuan sembako secara simbolis kepada ratusan karyawan hotel dan restoran yang saat ini dirumahkan.

“ Kita bersyukur punya presiden yang begitu baik dan selalu menjadi inspirasi bagi kita semua, oleh sebab itu secara nasional, pemerintah terus memberikan dukungan kepada warganya walaupun tidak begitu besar dalam masa covid 19 ini,” ujar Bupati Awoitauw. Kamis (23/4/2020).
Dikatakan, ketika Pemerintah Daerah menutup akses jalur transportasi udara beberapa waktu lalu, hal ini sangat berdampak bagi dunia pariwisata di Kabupaten Jayapura.

“ ini menjadi hal serius yang harus diperhatikan, termasuk karantina wilayah tertentu di pasar lama. Yang lain berjalan normal seperti biasa,” katanya.

Bupati Awoitauw juga mengatakan, bantuan sosial yang diberikan oleh Pemerintah Daerah adalah bagi mereka yang benar-benar terdampak dari pembatasan-pembatasan yang ditetapkan, salah satunya adalah karyawan perhotelan dan restoran di Kabupaten Jayapura.

“ Pemerintah sudah membebaskan pajak selama empat bulan kedepan bagi dunia usaha dan swasta, dan karyawan yang dirumahkan tidak diberhentikan. Ini komitmen pemerintah,” tegasnya.

Bupati juga berharap agar dengan bantuan yang diberikan saat ini dapat membantu semua aktiftas karyawan yang sedang dirumahkan oleh masing-masing perusahaan, dengan tetap mengikuti aturan dan himbauan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Ketua PHRI Kabupaten Jayapura, Bambang Zulhadi mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah yang telah membebaskan pajak dan air tanah selama Empat Bulan kedepan dimasa covid 19 ini.
Bambang melaporkan dampak covid 19 ini, sebanyak 28 hotel di kabupaten Jayapura telah merumahkan 424 karyawannya. 296 karyawan laki-laki dan 128 karyawan perempuan.

“ 20 hotel telah melaporkan karyawan mereka yang dirumahkan, sementara 8 hotel hotel lain belum melaporkan jumlah karyawan yang dirumahkan, pada kesemaptan ini kami juga menyampikan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan bantuan sembako kepada seluruh karyawan hotel yang saat ini sedang dirumahkan,” pungkasnya. (Irfan / LPC / Humas Covid-19 Kabupaten Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here