Peduli Warga Terdampak Covid-19, Bupati Mathius Awoitauw Salurkan Bantuan di 139 Kampung

0
395
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, penyaluran bantuan bahan makanan berupa beras dan mie serta sejumlah peralatan kesehatan itu dibiayai dari alokasi dana kampung senilai Rp.100 juta. Tampak saat diwawancara dalam sebuah kesempatan. (Humas Covid - 19 Kabupaten Jayaputra)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sebanyak 139 Kampung dan lima kelurahan di wilayah kabupaten Jayapura mendapatkan bantuan bahan makanan dan sabun pencuci tangan dan masker dari pemerintah.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, penyaluran bantuan bahan makanan berupa beras dan mie serta sejumlah peralatan kesehatan itu dibiayai dari alokasi dana kampung senilai Rp.100 juta.

Hanya saja dari Rp 100 juta itu disalurkan dalam bentuk barang senilai lebih dari Rp 31 juta dan dal bentuk uang tunai senilai Rp68 juta lebih.
“Itu dibiayai dari dana kampung. Dana kampung sendiri dianggarkan untuk bantuan kesehatan, sembako untuk ketahanan pangan,” kata Bupati Mathius Awoitauw kepada wartawan usai menyerahkan bantuan sembako itu, Kamis (16/4/2020).

Bupati berharap, kepada setiap kampung supaya mengelola anggaran ini untuk kepentingan masyarakat misalnya untuk usaha-usaha pekarangan, usaha ekonomi produktif dan juga pekerjaan-pekerjaan padat karya di kampung-kampung.

Menurutnya, untuk beberapa bulan ke depan ini semua harus fokus pada pencegahan, pembatasan gerak masyarakat dari kampung ke kota dan kemudian bantuan ketahanan pangan.

“Jadi sembako dan usaha-usaha ekonomi yang akan digalakan oleh maayarakat kampung. Mereka harus kembali aktif lagi untuk melakukan lagi usaha-usaha di kampung, kemudian usaha usaha di kebun, usaha usaha di pekarangan, (supaya) semua aktivitas di kota ini bisa dibatasi atau dikurangi. Karena kampung bisa menghasilkan sendiri untuk ketahanan pangan dan lain lain,”tambahnya.

Untuk diketahui, penyaluran bahan makanan dan sejumlah alat kesehatan berupa sabun mandi, masker disalurkan serempak oleh pemerintah daerah disemua kampung. Dimana penyerahannya dilakukan secara simbolis di kampung Yakonde.

Dari data yang ada, jumlah kepala keluarga di kampungnya Yakonde saat ini lebih dari 100 kepala keluarga. Namun pemerintah hanya memberikan bantuan bahan makanan dan sejumlah barang tertentu itu kepada 80 kepala keluarga.

“Yang lainnya itukan ada ASN dan yang mempunyai pekerjaan tetap, sehingga yang mendapatkan bantuan ini hanya warga yang terkena dampak,”ujarnya. (Humas Covid – 19 Kabupaten Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here