Melihat Lebih Dekat Aktivitas Panti Bina Usia Lanjut Jayapura

0
712
Kepala Panti Bina Usia Lanjut Jayapura, Abertina Monim. Richard (LPC)
Kepala Panti Bina Usia Lanjut Jayapura, Abertina Monim. Richard (LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) — Panti Bina Usia Lanjut Jayapura, itulah nama dari sebuah panti jompo, yang menampung, merawat, membina dan menjaga para orang tua berusia lanjut, di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Panti usia lanjut itu, kini menampung 49 jiwa, terdiri dari Nene 36 jiwa dan Tete 13 jiwa, dari tiga kabupaten yakni, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Sarmi, dan Keerom.

Kepala Panti Bina Usia Lanjut Jayapura, Abertina Monim, berbagi cerita dengan Lintas Papua.Com, Rabu (15/04/2020) menuturkan, bahwa panti asuhan ini sebelumnya bernama Panti Jompo Tresna Werdha Jayapura, dan waktu itu di bawah Kementerian Sosial. Dan kini bernama Panti Bina Usia Lanjut Jayapura, di bawah Pemerintah Provinsi Papua yakni Dinas Sosial.

“Dalam Panti Bina Usia Lanjut Jayapura ini, kami ada 19 orang pengasuh, dan 49 penghuni yang kami jaga dan rawat mereka,” kata Abertina Monim.

Abertina menyebutkan, di Panti ini, pihaknya telah memprogramkan 7 program kebutuhan dasar yakni, pertama makan minum, ada makan pagi, siang, dan malam. Kedua, asrama, ada 12 wisma dan penginapan bagi penghuni panti.

Ketiga, pakaian, terdiri dari baju santai dan baju olahraga. Keempat, kesehatan, memeriksa kesehatan diri bagi penghuni. Kelima, beribadah, mendapat kunjungan ibadah dari pendeta setiap Minggunya.

Keenam, ketrampilan, penghuni panti membuat kerajinan tangan yang mereka sukai. Ketujuh, rekreasi dan hiburan, ke pantai atau tempat yang bisa menghibur jiwa penghuni panti.

“Ada 7 program kebutuhan dasar yang kami lakukan kepada para penghuni panti, yakni Pertama, makan dan minum mereka. Kedua, asrama mereka. Ketiga, Pakaian mereka. Keempat, kesehatan mereka. Kelima, beribadah atau spiritualitas mereka. Keenam, ketrampilan meraka. Ketujuh, Rekreasi dan hiburan buat mereka,” ujar Kepala Panti Bina Usia Lanjut Jayapura itu.

Sekedar ketahui, Panti Bina Usia Lanjut Jayapura itu, beralamat di Jalan Raya Pos 7, Kampung Sere, Distrik Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Papua. (Richard/Lintas Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here