Alumni YSEALI Amerika Ketika Rayakan Paskah Yang Tenang di Los Angeles, Oleh : Milka Limbongan

0
384
Mengikuti perayaan paskah secara online. (Foto Milka Limbongan)

Nama saya Milka Limbongan, asal Jayapura. Saya lahir, besar, menyelesaikan sekolah menengah dan berkarya sampai saat ini di Jayapura, meski orangtua saya berasal dari Sulawesi. Saya alumni dari program pertukaran yang disponsori oleh Pemerintah AS, Young Southeast Asian Leaders Initiatives (YSEALI) di Connecticut jurusan Economic Development and Entrepreneurship.

Saat ini sedang melanjutkan kuliah master, di University of Southern California jurusan MSc in Social Entrepreneurship, di Marshall School of Business. Ini adalah bulan ke 10 saya tinggal di Amerika, saya mulai kuliah tahun 2019 dibulan Juni. Target saya Desember 2020 bisa menyelesaikan studi saya disini.

Bersama Host Family menyaksikan tayangan televisi online untuk Ibadah Paskah dari rumah. (Foto Pribadi)

Saya tinggal di negara bagian California di kota Los Angeles. Saya tinggal di sebuah rumah bersama dengan sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak dan nenek, serta dua orang teman dari Indonesia dan Brazil yang juga berkuliah di jurusan yang sama. Total ada 7 orang yang tinggal di rumah sederhana dengan halaman yang cukup luas tersebut, sehingga rumah kami selalu ramai.

 

Akhir Minggu kemarin merupakan pengalaman masa Paskah pertama saya di Los Angeles. Biasanya di Indonesia, Paskah identik dengan camping di Gereja, malam puji-pujian mulai Sabtu malam dan jalan obor jam 3 subuh hari minggu pagi yang dilanjutkan dengan ibadah bersama dengan keluarga dan sahabat dan teman.

Saya belum bisa merasakan Paskah yang meriah kali ini karena wabah COVID-19. Namun karena host family saya juga turut merayakan Paskah, kami satu rumah mengikuti perayaan Paskah secara online bersama-sama di ruang keluarga pada Minggu pagi. Kami berdoa, mendengarkan pesan Paskah dan bernyayi bersama seperti biasa, meskipun rasanya sangat berbeda. Sebelumnya, kami juga merayakan bersama melalui online, termasuk saat Jumat Agung (Good Friday). Selain itu, dari Gereja terdapat juga online service sepanjang satu minggu menjelang paskah dengan pembelajaran Alkitab.

Mengikuti perayaan paskah secara online. (Foto Milka Limbongan)

 

Saat malam Paskah, kami juga menyiapkan makan malam bersama dengan menu khusus, yaitu Ikan Salmon. Ikan menjadi spesial karena ada makna khusus, yaitu setelah Kebangkitan Yesus, Dia bertemu muridnya dan menyiapkan sarapan roti dan Ikan. Saya mengatur dekorasi khusus pada meja makan kami yang dihiasi lilin dan bunga.

 

Makan Malam Paskah menjadi sangat penting karena pada momen itu kami berbagi cerita tentang studi, rencana setelah kuliah, keadaan keluarga, dan berbagai cerita lucu yang timbul di tengah-tengah makan malam. Saya merasakan sebuah kebersamaan meskipun jauh dari kampung halaman.

Sebelum makan, kami juga merayakannya dengan Easter eggs hunt, mencari telur Paskah khusus di dalam rumah dengan peraturan yang dibuat dan diatur oleh ayah dan ibu host family kami.

 

Saya sangat bersyukur dan bahagia meskipun dalam situasi karantina karena wabah COVID-19 kami masih bisa merayakannya bersama dengan keluarga dan teman. Kami juga bisa berbagi pengalaman Paskah dengan teman yang tidak merayakannya karena ada teman serumah yang berbeda keyakinan. Pengalaman ini berbeda namun sangat indah, dapat berbagi kasih dan hanya dapat dirasakan saat ini, karena saya yakin tahun depan akan sangat berbeda.

Milka Limbongan saat bermain bersama anak – anak. (Foto Pribadi)
Sukacita Paskah saat bersama – sama bermain Easter Egg Hunt. (Foto Pribadi)

Selamat Paskah ! Biarlah Kebangkitan Yesus memberi pengharapan Dan sukacita Baru ditengah situasi yang berat ini. Bersyukur karena tahun ini Tuhan ijinkan paskah dalam keluarga untuk lebih mempererat hubungan dalam keluarga, untuk saling mengasihi Dan mendukung dalam suka dan duka. Bersyukur karena tinggal di keluarga yang Luarbiasa baiknya, dan Hari ini bisa Ibadah bersama, nyanyi, trus juga cari telur paskah dan makan malam bersama. All I can say is God is good all the time and All the time God is good. Hang on there friends ❤️❤️ (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here