Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, dan jajaran saat melakukan aksi bagi-bagi masker, hand sanitizer dan penyemprotan di Pasar Yuwanain, masjid, gereja dan rumah warga, pada Minggu (05/04/2020) kemarin. (Arief / lintaspapua.com)

Cegah Covid-19 di Keerom, Kali ini Sasarannya Pasar, Masjid, Gereja dan Rumah Warga.

KEEROM  (LINTAS PAPUA) – Sekali lagi, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Keerom, dibawah pimpinan Piter Gusbager, SHut, MUP, melakukan aksi nyata untuk mengingatkan warga tentang upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kali ini PMI Keerom melakukan aksi pembagian masker dan hand sanitizer serta melakukan penyemprotan

.

Aksi PMI Keerom tersebut dilakukan pada Minggu (05/04/20) kemarin di beberapa tempat. Dimulai dari Pasar Rakyat Yuwanain di Arso II, relawan PMI Keerom bahkan telah melakukan aksi penyemprotan sejak dini hari sekitar pukul 04.00 WIT, sebelum pasar mulai aktif.

Aksi penyemprotan disenfektan tersebut dilakukan disemua sudut pasar. Setelah selesai, tak lama kemudian geliat pasar dimulai, para pedagang dan pembeli mulai berdatangan. Petugas dari PMI Keerom, dipimpin langsung Ketua PMI, lalu membagi-bagikan masker PMI dan hand sanitizer.

Disela-sela kegiatan bagi-bagi masker, Piter Gusbager SHut, MUP, yang juga Wakil Bupati Keerom, bersama ibu Angela Tut Wuri Handayani, ST, dan rombongan menyempatkan diri untuk membeli barang-barang jualan masyarakat di pasar tersebut.

Usai melakukan aksi yang mendapat apresiasi dari masyarakat tersebut, ia melanjutkan aksinya ke tempat-tempat ibadah. Dimulai dari Masjid agung Nurul Huda, Yuwanain, Arso II, dilanjutkan di Masjid Fiisabilillah, Sanggaria, Arso I dan di Gereja Betlehem, Sanggaria. Juga salah satu rumah warga di Jl. Mawar, Arso I.

Ketua PMI Kab. Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, kepada wartawan, usai kegiatan, mengemukakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari upaya PMI Keerom untuk mengedukasi dan sosialisasi tentang bagaimana mencegah Covid-19.

‘’Hari ini kita melakukan aksi bagi-bagi ratusan masker, hand sanitiser dan juag penyemprotan, mulai di pasar II,  juga di masjid, gereja dan rumah masyarakat. Selain itu tujuan kegiatan ini adalah untuk mengedukasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat tentang situasi terkini Covid-19, dan juga bagaimana melakukan upaya-upaya pencegahan penularannya,’’jelasnya.

Upaya pencegahan tersebut bisa dilakukan dan memang harus dilakukan semua pihak, bukan hanya pemerintah namun juga masyarakat. ‘’Salah satunya adalah bagaimana hidup Bersih, cucitangan dan jaga jarak. Kita bersyukur sampai saat ini Keerom masih belum ada kasus positif Covid, namun tentunya kewaspadaan dan kehati-hatian harus selalu kita jaga dengan upaya-upaya pencegahan tersebut,’’ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Yuwanain, Abdul Gopar, yang turut hadir pada acara tersebut, mengemukakan harapannya agar Ketua PMI Keerom yang juga Wakil Bupati Keerom, memperhatikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 namun juga meminta agar aktivitas ekonomi bisa berjalan baik.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Keerom, dibawah pimpinan Piter Gusbager, SHut, MUP, melakukan aksi nyata untuk mengingatkan warga tentang upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (Arief /lintaspapua.com)

‘’Kita tahu pasar ini banyak masyarakat bertransaksi, karena ini kebutuhan ekonomi, namun perlu antisipasi pergerakan masyarakat ini jangan rawan Covid, karena di pasar ada masyarakat dari luar Keerom yang datang, maka kami mohon bapak Wakil Bupati untuk mengupayakan ada alat-alat pengecekan Covid-19 seperti cek suhu badan atau lainnya, agar kegiatan ini bisa berjalan baik namun juga cegah Covid-19,’’pesannya.

Sementara itu, Ust Lukman dan beberapa pengurus Masjid Agung Nurul Huda menyampaikan terimaksih atas pemberian masker bagi jamaah masjid tersebut. ‘’Alhamdulillah kami dapat bantuan masker, semoga ini bisa kita maksimalkan bagi Jemaah masjid agar ibadah 5 waktu di masjid dengan jumlah yang terbatas bisa berjalan maksimal dengan menggunakan masker yang diberikan bantuan oleh PMI Keerom ini,’’ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua Majelis Jemaat Gereja Betlehem, Sanggaria, arso I, Pdt. Debby Watimena, MTh, menyampaikan hal serupa. ‘’Kami atas nama jemaat Gereja Betlehem, menyampaikan banyak terimakasih kepada Ketua PMI Keerom yang juga Wakil Bupati Keerom, Bpk. Piter Gusbager, SHut, MUP, untuk perhatian dan bantuan masker serta penyemprotan desinfektan di gereja kami, semoga Tuhan memberkati bapak dan PMI kabupaten Keerom,’’ujarnya. (arief/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here