Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Puncak, Ricky Siwi. (Erwin / HPP)

ILAGA (LINTAS PAPUA)  –  Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan Virus Corona Kabupaten Puncak,  Herman Ricky Siwi menjelaskan, bahwa  di Kabupaten Puncak, sampai saat ini belum ada warganya yang positive virus corona.

Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan virus corona (covid-19), Drs. Abraham Bisay, Bersama dengan timnya, saat Video conference dengan menteri Dalam negeri, Tito Karnavian, terkait penanganan virus corona di Kabupaten Puncak, di Kantor Diskominfo Kabupaten Puncak, Jumat (31/3/2020) kemarin. (Diskominfo Puncak)

“Sejak bulan Maret  maret lalu, ada  dua warga yang berstatus  PDP (pasien dalam Pengawasan), namun dua pasien tersebut sudah dirujuk ke RSUD Timika,” ujar Herman Ricky Siwi  , yang juga Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Puncak., di Jayapura, Jumat, 3 April 2020.

Dikatakan, dari hasil komunikasi dengan tim kesehatan di Timika, dua pasien ini sudah diturungkan statusnya menjadi ODP (orang Dalam pemantauan).

“Sehingga di Kabupaten Puncak, data hingga 3 April, terdiri atas  delapan orang dengan posisi ODP (Orang Dalam pemantauan), terbagi atas terbagi satu pasien di Beoga dan 7  di Ilaga,” jelasnya.

Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan virus corona (covid-19) Drs. Abraham Bisay, Bersama dengan timnya, saat melepas tim, yang akan melakukan penyemprotan cairan cairan Desinfektan, ke tempat-tempat umum,kantor-kantor pemerintah,bank dan rumah sakit, pasar dan grosir, ,maupun gereja dan Mesjid, serta barang-barang yang turun dari pesawat di Lapangan terbang, tim sudah bekerja sejak 18 Maret 2020 lalu. (Diskominfo Puncak)

“Satu Pasien ODP di Ilaga, hingga 31 Maret kemarin, sudah selesaikan masa isolasi mandiri, sehingga sudah berkurang pasisen ODP, dari delapan, sekarang menjadi tujuh pasien  ODP, terbagi atas tujuh di Ilaga, dan satu di Beoga, mereka ini akan mengakhiri masa ODP  (isolasi Mandiri), sekitar tanggal delapan dan Sembilan April,” jelasnya.

Lanjut Ricky Siwi, sesuai dengan arahan dari Bupati Puncak, maka sampai saat ini, belum ada penumpang yang naik masuk ke Kabupaten Puncak,dan tim gugus tugas, tetap melakukan penyemprotan di sejumlah fasilitas umum, Bank Papua, bandara ketika ada barang yang masuk, tim langsung semprot dengan cairan Desinfektan,temasuk puskemas, gereja, masjid, pasar, maupun rumah warga dan kantor-kantor pemerintah.

“Bahkan yang menariknya, dari kabupaten-kabupeten di Pegunungan, Kabupaten Puncak, kemarin (3 april-red), diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan Menteri Dalam Negeri, melalui Fasilitas Video conference, terkait langkah-langkah pemerintah daerah, untuk menangani penyebaran virus corona,” jelas Kadiskominfo yang juga mantan Wartawan RRI Jayapura ini . (Diskominfo Puncak)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here