Usai Dilantik Jadi Kadis TPH, Ini yang Akan Dilakukan David Zakaria

0
267
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, David Zakaria. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, pada Jumat (20/3/2020) lalu, resmi melantik 5 pejabat eselon II Pemkab Jayapura hasil lelang jabatan. Salah seorang pejabat yang dilantik adalah David Zakaria, S.Pt, sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura.

Dikonfirmasi belum lama ini, Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, David Zakaria, S.Pt, mengaku akan segera melakukan konsolidasi kelembagaan Perangkat Daerah (PD) untuk menciptakan soliditas dan sinergitas di masing-masing bidang.

“Langkah pertama yang akan saya tempuh itu, saya harus masuk di dalam OPD tersebut untuk melakukan konsolidasi kelembagaan Perangkat Daerah (PD). Guna menciptakan soliditas dan singeriitas di tiap-tiap bidang. Sehingga program kegiatan yang sudah di tuangkan dalam dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) itu bisa kami jalankan dan juga kami kawal dengan baik sesuai dengan sasaran yang ingin di capai,” kata David Zakaria ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini, belum lama ini.

Mantan Kepala Bidang Produksi dan Pengembangan Ternak di Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura itu mengatakan akan langsung tancap gas untuk mengejar target pekerjaan yang telah ditetapkan.

“Setelah pelantikan atau saya duduk mulai mengemban tugas sebagai kepala dinas TPH, saya akan melaksanakan langkah-langkah strategis untuk mewujudkan visi-misi Bupati Jayapura yang sudah tertuang dalam Renstra,” kata David.

David bahkan mengatakan, yang tertuang dalam Resntra tersebut, untuk lingkup Pertanian serta Tanaman Pangan dan Hortikultura, pihaknya mempunyai amanah dari masyarakat itu bagaimana menciptakan ketahanan dalam bidang pangan, kemudian ketersediaan bahan pangan dan juga untuk meningkatkan keterampilan sumberdaya manusia pertanian (petani).

“Sehingga beberapa program kegiatan yang sudah tertuang di dalam DPA tahun 2019 itu kami optimalkan pelaksanaannya di lapangan,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan tujuan yang paling strategis dan juga vital, yaitu untuk bagaimana mensukseskan iven PON XX tahun 2020.

“Kita berharap bisa dilaksanakan benar pada tahun ini tepat di bulan Oktober nanti. Sehingga dari Dinas TPH bagaimana bisa menguatkan para petani kami agar dapat menyediakan produk lokal dalam jumlah yang cukup dan juga kualitas yang cukup, untuk persediaan bahan pangan kita untuk para atlit dan tamu-tamu yang akan datang nanti pada iven PON XX. Karena kita punya pangan lokal itu kan ada basicnya juga dengan spesifik seperti umbi-umbian. Yang telah dikembangkan oleh pak Kadis sebelumnya,” sebut David Zakaria.

David juga menyebutkan, jika kegiatan-kegiatan yang sudah bagus akan tetap dilanjutkan. “Jadi secara keseluruhan, saya tetap melanjutkan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan yang bagus, kemudian saya akan tingkatkan lagi kegiatan-kegiatan yang dianggap masih kurang. Supaya kedepan ini, kita bisa betul-betul mewujudkan masyarakat petani yang tangguh menuju kemandirian. Seperti visi dari bapak bupati, untuk menciptakan masyarakat Jayapura yang berkualitas, sejahtera dan ramah,” imbuhnya.

Tentang pos barunya, David Zakaria mengaku dirinya merasa seperti kembali ke lingkungan yang lama. ”Saya kira, saya kembali ke rumah besar yang lama juga. Karena dulu kami satu Dinas Pertanian, yang didalamnya ada perkebunan, peternakan, tanaman pangan dan sekarang kami ada dalam satu dinas tersendiri yaitu, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH),” akunya.

David Zakaria juga mengharapkan kedepannya rekan-rekan pers bisa mengawal dan juga mendampingi Dinas TPH Kabupaten Jayapura, untuk memperkuat sosialisasi serta memberikan motivasi-motivasi kepada masyarakat petani di daerah ini.

“Ini adalah kesempatan baik untuk kita bisa bangkit juga dalam kemandirian kita di bidang pertanian, karena ada iven besar dan momen penting yaitu PON 2020. Jadi, intinya saya siap melanjutkan pekerjaan dan melaksanakan tugas-tugas yang ada,” tukasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here