Tampak Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw ikut langsung bersama muspida dengan  mobil Water Canon ketika melakukan penyemprotan massal di sepanjang jalan utama Kota Sentani.  (Irfan /lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka mengantisipasi dan juga memutus mata rantai penyebaran Coronavirus (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura bersama Polres Jayapura, TNI dan BPBD melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di jalan utama yang ada di tiga Diistrik, yakni Distrik Sentani, Distrik Sentani Timur dan Distriik Sentani Barat, Selasa (31/10/2020) kemarin siang sekitar pukul 14.00 WIT.

Gerakan penyemprotan massal ini dipimpin langsung oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, didampingi Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, M.H, M.Si, dan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, S.IP, yang mana penyemprotan mulai start dari Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, ke ruas jalan Kemiri, Jalan Raya Sentani, Hawaii hingga Netar. (Irfan / lintaspapua.com)

Kegiatan penyemprotan disinfektan secara massal yang mengerahkan 2 unit mobil AWC atau Water Canon dan 1 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Jayapura itu juga melibatkan Dinas Kesehatan, Basarnas Jayapura, Satpol-PP, PMI Cabang Kabupaten Jayapura, RAPI, ORARI, KNPI, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Gerakan penyemprotan massal ini dipimpin langsung oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, didampingi Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, M.H, M.Si, dan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, S.IP, yang mana penyemprotan mulai start dari Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, ke ruas jalan Kemiri, Jalan Raya Sentani, Hawaii hingga Netar.

Seterusnya tim lain lanjut melakukan penyemprotan dari Kampung Harapan hingga Batas Kota serta tim lainnya ke Distrik Sentani Barat.

“Inikan gerakan penyemprotan dilakukan secara nasional disemua kota (serentak diseluruh Indonesia) adakan penyemprotan secara massal dan kita juga di Kabupaten Jayapura lakukan penyemprotan disinfektan secara massal di tiga distrik,” ucap Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kepada wartawan usai kegiatan penyemprotan massal tersebut, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (31/3/2020) kemarin sore.

Selain itu, sambung Bupati Jayapura, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dan pertanda Pemkab Jayapura itu berkewajiban untuk melakukan upaya-upaya semaksimal mungkin dalam mencegah penularan virus Corona ini di Kabupaten Jayapura. Dengan harapan, mampu memutus percepatan penularan virus Corona (Covid-19).

“Penyemprotan ini bukan kali ini saja dilakukan, tapi selama 14 hari yang lalu pemerintah daerah sudah melakukan penyemprotan dimana-mana seperti di berbagai tempat ibadah, sekolah-sekolah atau di gedung-gedung sekolah, kemudian di pemukiman warga dan juga di pasar. Serta ini terus akan dilakukan sampai kita bisa memutus atau menghentikan penyebaran virus (Covid-19) ini,” imbuhnya.

“Kita mulai dari Batas Kota sampai arah kantor Bupati Jayapura ini. Jadi kita lakukan itu di jalan utama, yang selama ini pada beberapa waktu lalu masuk ke jalan-jalan lingkungan pemukiman warga, dan seterusnya sampai ke pasar serta ke beberapa tempat yang orang biasa berkumpul dengan jumlah banyak. Kita harus saling SUPPORT, semoga dengan adanya kerjasama ini, dapat membuahkan hasil dan bisa mencegah penyebaran virus Corona,” sambungnya.

Ia juga mengharapkan kasus corona ini segera berakhir, Sehiingga kondisi Kabupaten jayapura bahkan dunia kembali seperti sedia kala.

“Semoga kita bersama-sama berdoa agar wabah Corona cepat hilang dan semoga kita selalu diberikan kesehatan,” tukasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si, menjelaskan, Polres Jayapura menyiapkan progres untuk menyemprot disinfektan secara massal, dengan mengerahkan 2 unit mobil Water Canon (AWC).

“Kita di Polres Jayapura dalam menyukseskan penyemprotan disinfektan secara massal yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, mengerahkan dua (2) unit mobil water Canon dengan kapasitas 7.000 liter per mobil. Kemudian ada juga mobil dari Pemadam Kebakaran (Damkar), yang memang dibuat serentak di seluruh Indonesia dan akan terus berlanjut dengan program yang sama,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya berharap dengan program-program yang sifatnya bersamaan, dia meyakini kalau masyarakat tertib, disiplin dan patuh, maka permasalahan penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Jayapura ini dan di Indonesia pada umumnya bisa selesai dengan cepat. “Kalau untuk cairan disinfektan dari BPBD menyiapkan sebanyak 100 karton yang sudah kita bagi di tiga mobil,” paparnya.

Hal tersebut dilakukan bersama dengan pihak TNI, kemudian juga ada dari dinas terkait lainnya yang dibawah kendali oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Coronavirus atau Covid-19 Kabupaten Jayapura.

“Tadi (kemarin) kita sama-sama dengan pak Bupati juga yang memimpin langsung kegiatan penyemprotan massal ini. Rutenya kita bagi ke dalam 3 wilayah besar, yakni di Distrik Sentani Timur, Distrik Sentani dan Distrik Sentani Barat. Selain itu, juga ada yang disemprotkan dengan alat penyemprot yang digendong sekitar 20 orang dan mereka tersebar di berbagai fasilitas umum di antaranya seperti di anjungan tunai mandiri (ATM) dan juga tempat-tempat ibadah,” bebernya.

”Kalau di Distrik lain juga sama-sama ikut bermain (lakukan) dalam kegiatan penyemprotan dan kita berharap ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan secara bersama-sama. Tentunya untuk menyelesaikan penyebaran wabah Covid-19,” pungkasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here