Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Parson Horota. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Parson Horota secara resmi menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Jayapura usai dilantik oleh Bupatii Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (20/3/2020) kemarin siang.

Usai dilantik sebagai Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Parson Horota saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, akan melakukan koordinasi ke dalam organisasi dahulu agar dapat melangkah dan meningkatkan kinerja kedepannya.

“Paling tidak saya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan teman-teman di Dinas Koperasi yang sudah ada, karena mereka yang paling tahu betul apa yang ada di Dinas Koperasi dan selama ini mereka juga sudah kerjakan dengan baik. Serta melakukan sosialisasi ke dalam agar kinerja keluarnya dapat berjalan lebih baik kedepan, kemudian saya pikir pada saat saya turun lapangan pasti ada hal-hal yang nantinya kita lihat dan kita perbaiki demi pengembangan atau kapasitas dari organisasi itu sendiri,” ujarnya, kepada dua wartawan media online.

Ia juga menyebutkan, untuk kedepan akan menyesuaikan diri terlebih dahulu di dalam. Hal ini lantaran dirinya ingin melihat program-program kerja yang sudah berjalan dengan baik maupun program-program kerja yang belum berjalan dengan maksimal.

“Sesudah pelantikan, paling tidak mungkin satu sampai tiga hari kedepan baru nanti saya menyesuaikan dengan teman-teman di Dinas Koperasi. Kemudian kita akan lihat program-program yang sudah jalan dengan baik, saya pikir kita tetap mempertahankan program-program yang baik yang sudah berjalan dan program-program yang masih kurang itu perlu kita lakukan pembenahan,” ujar Parson Horota lagi.

Mantan Sekretaris Bappeda Kabupaten Jayapura ini menyadari bahwa pada saat kegiatan pelantikan dan pengukuhan pejabat Eselon II sebanyak enam (6) orang itu mendapat pesan dari Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si.

Ketika itu diucapkan bahwa semuanya dipinta untuk lebih fokus dan bekerja dengan baik serta bisa merubah kinerja organisasi lebih baik lagi. Terkait hal ini ia pun menjelaskan siap untuk melakukannya.

“Kalau itu ya pasti saya siap lah melakukannya. Saya pikir itu arahan yang baik dari pesan yang disampaikan oleh pak Bupati dalam sambutannya pada pelantikan tadi (kemarin) itu, sehingga yang selama ini sudah jalan baik dan kalau ada yang masih kurang itu yang perlu kita perbaiki,” kata Parson Horota.

Setelah itu, dikatakan Parson, dirinya belum bisa memastikan target kedepan. hanya saja, akan melanjutkan program Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura yang telah ada sebelumnya seperti mewujudkan pembinaan Koperasi dan UMKM yang ada di Bumi Khenambay Umbay.

“Kalau untuk program dan kegiatan di Dinas Koperasi dan UMKM, saya akan sesuaikan dengan program yang sudah dibuat atau sudah ada. Kemudian hal-hal yang perlu kita lakukan intervensi dan inovasi apa yang perlu kita buat, sehingga dinas Koperasi ini lebih hidup lagi dari yang sudah ada ini,” jelasnya.

Untuk diketahui jabatan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM selama ini lowong dan diisi oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura.

Parson Horota merupakan satu diantara pejabat yang beruntung karena masih mendapat kepercayaan dari Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, untuk kembali menjadi pejabat Eselon II di lingkungan Pemkab Jayapura. Parson Horota dilantik dan dikukuhkan bersamaan dengan lima orang pejabat lainnya, Jumat (20/3/2020) kemarin siang.

Untuk diketahui jumlah pejabat Eselon III yang dilantik sebanyak 51 orang (termasuk jabatan Kepala Distrik sebanyak 3 orang), pejabat Eselon IV sebanyak 125 orang, Kepala Sekolah sebanyak 11 orang, sedangkan yang non job di Eselon III dan IV itu sebanyak 26 orang. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here