<
Lintaspapua.com

Peringatan Setahun Terjadi Banjir Bandang, Pemkab Jayapura Gelar Upacara dan Tanam Pohon

LINTAS PAPUA - Kamis, 19 Maret 2020 - 07:42 WITA
Peringatan Setahun Terjadi Banjir Bandang, Pemkab Jayapura Gelar Upacara dan Tanam Pohon
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat melakukan penanaman pohon. (Irfan / LPC) ()
Penulis
|
Editor

Dilanjutkan Dengan Ibadah Syukur Bersama

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Kota Sentani dan sekitarnya merupakan salah satu daerah di Kabupaten Jayapura, terdampak bencana cukup parah 16 Maret 2019 lalu. Peristiwa yang terjadi setahun yang lalu menyisakan berbagai persoalan sosial dan menimbulkan trauma berkepanjangan bagi masyarakat terdampak bencana akibat kehilangan anggota keluarga dan sanak saudara serta kehilangan rumah maupun harta benda pada musibah tersebut.
“Karena ini peringatan satu tahun bencana alam banjir bandang, tanah longsor dan luapan air Danau Sentani, pemerintah Kabupaten Jayapura menggelar upacara dan ibadah syukur, untuk mendoakan arwah para korban meninggal pada peristiwa tersebut. Hari ini (kemarin) kita hadir disini hanya satu tekad agar peristiwa bencana alam itu tidak terulang lagi.

Hal itu salah satunya dengan menjaga cagar alam Cycloop agar tetap hijau,” kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, dalam arahannya pada Upacara Peringatan Satu Tahun Bencana Alam Banjir Bandang dan Longsor, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (16/3/2020) kemarin pagi.

Upacara tersebut diikuti berbagai komponen seperti pemerintah, TNI, Polri, SAR, ORARI, masyarakat dan lain-lain, yang dilanjutkan dengan penanaman pohon di sepanjang jalan lingkar utara Kota Sentani, yang merupakan lereng atau kawasan penyangga Cagar Alam Cycloop (CAC).
Lebih lanjut Mathius mengungkapkan, bahwa di peringatan satu tahun bencana alam banjir bandang dan longsor, semua pihak berkomitmen agar bencana serupa tidak terulang.

Dikatakannya lagi, upaya memberikan penyadaran kepada masyarakat di sekitar Cagar Alam Cycloop juga terus diberikan bersama unsur stokeholder lain di pemerintahan maupun LSM-LSM yang ada.
Usai upacara, seluruh peserta upacara diarahkan ke kawasan penyangga Cagar Alam Cycloop untuk melakukan penandatanganan komitmen bersama penyelamatan Cagar Alam Cycloop dan melakukan penanaman pohon, yang juga dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-37 tahun 2020.

Sementara untuk ibadah syukur perintah satu tahun bencana tersebut, hingga berita ini diturunkan masih berlangsung di Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. (Irf)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123