Bupati Mathius Awoitauw Buka Musabaqah Tilawatil Quran XXVIII, Jadi Ajang Silaturahmi

0
400

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- XXVIII Tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2020 oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, di Halaman Yayasan Insan Cendekia, Sekolah Islam Terpadu (SIT) Insan Cendekia, Jalan Yowanibi, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Jumat (13/3/2020) sore pekan lalu.

Bupati Mathius dalam sambutannya mengharapkan, penyelenggaraan MTQ yang secara rutin dilaksanakan dua (2) tahun sekali bisa menjadi ajang silaturrahmi meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME). Karena itu, perlu menjaga dan terus mengembangkannya menjadi sesuatu yang berharga agar dapat disumbangkan ke bangsa dan negara ini.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat menekan tombol sirine sebagai tanda dibukanya secara resmi MTQ ke- XXVIII Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Jayapura yang disaksikan Anggota DPR Papua H. Darwis Massie, SE, unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura dan tamu undangan lainnya, di Halaman Yayasan Insan Cendekia, Sekolah Islam Terpadu, Jalan Yowanibi, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Jumat (13/3/2020) sore pekan lalu. (Irfan / LPC)

“Di Indonesia sekarang, di luar dari Papua soal keberagaman terus dibicarakan dan soal toleransi menjadi sesuatu yang mahal. Dikarenakan adanya perbedaan-perbedaan yang luar biasa, karena itu perlu menjaga dan terus mengembangkannya menjadi sesuatu yang berharga agar dapat disumbangkan ke bangsa dan Negara ini,” pintanya saat memberikan sambutan pada pembukaan MTQ ke- XXVIII Tahun 2020 tingkat Kabupaten Jayapura, di Halaman Yayasan Insan Cendekia, SIT Insan Cendekia, Jalan Yowanibi, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

Lanjut Mathius menyampaikan, situasi keamanan di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura berbeda dengan sejumlah daerah lain di Indonesia menyangkut soal keberagaman dan kebebasan dalam beribadah.

“Dan melalui ajang ini, dapat melihat ke-Indonesiaan mulai dari Kabupaten ini, juga dapat kita berdiri di depan untuk menyuarakan kebaikan dan kedamaian. Agar tercipta lingkungan harmonis antar tetangga dan lingkungan,” paparnya.

“Oleh karena itu, suka atau tidak suka dan mau tidak mau, kita harus terus menyuarakan tentang keberagaman kesatuan dan persatuan serta harus proteksi diri dari faham-faham sempit yang bisa buat kita tercerai-berai, karena merasa lebih hebat atau lebih baik dari orang lain,” ajaknya.

Pada kesempatan itu, tak lupa Mathius menyampaikan rasa terimakasihnya kepada saudara-saudara umat Muslim yang telah membantu pemerintah daerah menjaga Kabupaten Jayapura tetap aman hingga saat ini, meski beberapa daerah lain sempat terjadi demo yang berujung anarkis.

“Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI/Polri yang terus memberikan dukungan hingga kita bisa hidup dengan aman. Meskipun beberapa tahun lalu, kita terganggu dengan demo-demo dan bencana banjir,” tuturnya.

Ada sejumlah pelajaran berharga saat pemerintah menangani musibah banjir bandang dan longsor, banyak perhatian yang datang silih berganti dari orang-orang yang tidak dikenal untuk membantu, situasi itu mengingatkan kita dan kepada siapapun bahwasannya dalam menjalani setiap kehidupan tidak bisa dilakukan sendiri tanpa dukungan orang lain.

“Untuk saling memberi menerima menguatkan satu sama lain, dan pelajaran bagi kita di sentani,” tukasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan MTQ ke- XXVIII tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2020 itu akan berlangsung selama 3 hari dimulai hari Jumat (13/3) hingga Minggu (15/3) dan diikuti total keseluruhan peserta dan oficial sebanyak 205 orang.

Adapun jumlah peserta dan cabang/golongan yang akan dilombakan Cabang Tilawah Qur’an: 60 Putra dan putri, Cabang Hifzdil Qur’an: 22 orang putra dan putri, Cabang Tartil Qur’an: 20 orang putra dan putri, Cabang Fahmil Qur’an: 16 regu putra dan putri, Cabang Syarhil Qur’an: 8 regu putra dan putri, Cabang Khat Qur’an: 3 orang putra dan putri, Cabang KTI Qur’an: 6 orang putra dan putri, Official 30 orang. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here