Gerakan Pramuka Kwarda Papua Gelar Raker, Wali Kota BTM : Jadikan Organisasi Sebagai Pilar Penting

0
193

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Papua menggelar Rapat kerja Daerah (Rakerda), yang berlangsung di Aula Sian Soor, Kantor Wali kota Jayapura, Kamis, (12/32020).

Dalam sambutan Gubernur Papua yang dibacakan oleh Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano MM., mengatakan, rapat kerja merupakan wahana komunikasi dan koordinasi antar kwartir daerah dan kwartir cabang se-Papua, dalam upaya pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka di bumi cendrawasih, serta mempererat tali persaudaraan yang dilandasi kode kehormatan Trisatya dan Dasa Dharma.

Untuk itu sebagaimana dikatakan, melalui Rapat Kerja (Raker) diharapkan kakak-kakak yang tergabung dalam kepengurusan baik di gugus depan, ranting, cabang dan daerah, dapat menjadikan gerakan Pramuka sebagai salah satu pilar penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian generasi muda Papua.

“Melalui rakerda ini kita jadikan momentum untuk menjadikan Gerakan Pramuka sebagai sebuah organisasi yang mampu menarik minat seluruh elemen masyarakat, untuk merapatkan barisan menuju cita-cita pembangunan, menuju Papua yang bangkit mandiri dan sejahtera,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Gerakan Pramuka harus diaktifkan kembali, karena itu dibutuhkan langkah konkrit untuk mendorong serta memberi daya tarik bagi generasi muda.

Diharapkan pula, melalui Rakerda ini dijadikan tempat untuk merumuskan program kerja yang tidak muluk-muluk, yang pada akhirnya tidak dapat dijalankan karena terbentur dengan berbagai persoalan.

“Tetapi rumuskanlah kegiatan yang disesuaikan dengan kemampuan dana pembinaan yang disediakan pemerintah provinsi Papua,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Papua, Kristhina R. I. L Mano menjelaskan, dalam melaksanakan raker akan membahas program yang sudah dilaksanakan tetapi juga akan menyusun program yang akan dilaksanakan di tahun berjalan serta tidak membuat program tahun 2021

“Melalui Rakerda yang pelaksanaannya selama 2 hari, akan dilakukan evaluasi program yang sudah dilaksanakan dan menyusun program kerja dari 28 kabupaten/kota, dari 16 kwartir cabang,” katanya.

Ditambahkan, Ada beberapa kwarcab di Pegunungan yang sama sekali belum tersentuh gerakan pramuka, oleh sebab itu ini menjadi pekerjaan rumah bagi kwartir daerah gerakan Pramuka untuk dapat membina gerakan Pramuka.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat mengevaluasi sekaligus memberikan pengalaman dan pengetahuan serta akan menyampaikan hasil rakernas yang diikuti kwarda gerakan pramuka Papua.

“Saya sangat berharap bahwa kegiatan hari ini dapat mengevaluasi sekaligus memberikan pengalaman dan pengetahuan serta akan menyampaikan hasil rangkaian yang diikuti oleh kwartir daerah gerakan Pramuka,” pungkasnya. (Gracio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here