BPS Kab. Jayapura Ajak ASN Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Secara Online

0
1349

Dari Pelatihan Operator Sensus Penduduk Online Tahun 2020

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura pada Kamis (5/3) lalu bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura laksanakan pelatihan operator Sensus Penduduk 2020 secara daring (online) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dari perwakilan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Jayapura.


Pelatihan yang dilakukan itu dirangkai juga dengan kegiatan sosialisasi itu dipimpin langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Jayapura Jeffrey De Fretes, S.Kom, M.M, dan juga dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu, S.Pd.
Pada kesempatan tersebut, Jeffrey De Fretes berharap agar seluruh ASN di Kabupaten Jayapura turut menyukseskan Sensus Penduduk 2020 dengan cara sudah terdaftar SP 2020 secara online (daring) sebelum tanggal 31 Maret 2020.

Kepala BPS Kabupaten Jayapura, Jeffrey De Fretes, S.Kom, MM., saat diwawancara. (Irfan /LPC)

Jeffrey De Fretes juga menyampaikan, pihaknya memberikan materi pelatihan operator sensus penduduk secara online kepada seluruh OPD di Kabupaten Jayapura dengan tujuan agar ke depan seluruh pegawai dimasing-masing OPD bisa melaksanakan sensus penduduk 2020 secara online.


“Jadi sebagian besar pegawai dan keluarganya sudah terdata di sensus penduduk online,” kata Jeffrey De Fretes, Kamis (5/3) lalu.
Lanjut Jeffrey menuturkan, seluruh operator-operator yang sudah mengikuti pelatihan tersebut agar bisa proaktif melakukan pendekatan kepada seluruh ASN dan keluarga yang ada di lingkungan instansinya. Untuk memberikan data-data keluarganya sekaligus mendampingi.

“Jadi bukan hanya kasih akta kelahiran, terus nanti operator yang isi, tidak boleh seperti itu. Harus didampingi oleh operator untuk mengisi datanya atau mungkin yang bersangkutan mau diisi sendiri, ya silahkan,” tuturnya.

Dikatakan Jeffrey, setelah adanya pelatihan itu diharapkan kepada seluruh ASN yang ada di Kabupaten Jayapura sudah teridentifikasi dalam sensus penduduk 2020 secara online.

Sementara itu, kata Jeffrey, bagi kampung terjauh yang sudah memiliki jaringan internet bisa juga melakukan sensus penduduk secara online. Termasuk juga di distrik yang sudah memiliki jaringan internet.

“Untuk distrik-distrik yang sudah mempunyai jaringan internet bisa digunakan untuk kepentingan sensus penduduk secara online bagi setiap penduduknya. BPS memastikan apabila keluarga yang sudah terdaftar melalui sensus penduduk secara online, kami tidak akan lagi melakukan kunjungan atau pendataan menggunakan sistem manual nantinya,” tutup Jeffrey De Fretes. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here