JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) akan memulai memindahkan pedagang Pasar Youtefa ke Pasar Baru Regional Youtefa 28 Februari 2020.

Hal tersebut diungkapkan Wakil wali kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru MM., usai memimpin rapat bersama Dinas terkait, di ruang rapat wakil wali kota Rabu, (26/2/2020).

“Pedagang mulai pindah itu secara bertahap mulai tanggal 28 Februari sampai dengan 3 Maret 2020,” kata Rustan.

Lebih lanjut dijelaskan, bagi pedagang yang telah melakukan perundian sudah pasti mendapatkan tempat jualan, juga bagi yang belum mendapatkan nomor undian tinggal datang untuk mencabut nomor undi selanjutnya akan mendapatkan tempat yang telah disediakan.

“Total ada pedagang Mama Papua berjumlah 364 orang, yang sudah di undi 209 orang tersisa 155 orang disebabkan karena tidak hadir saat pencabutan nomor undi,” jelasnya.

Kemudian sambung Rustan, pedagang daging Babi, Sapi, ayam potong serta tahu, tempe dan telur yang berjumlah 139 orang 118 di antaranya sudah mendapat nomor undi tinggal 21 orang.

Untuk pedagang LOS meliputi pedagang bumbu-bumbu dapur, elektronik, acesoris dan alat rumah tangga sebanyak 256 orang yang telah di undi 176 dan yang belum 80 orang.

“Ada juga pedagang LOS ikan jumlahnya 143 orang yang sudah undi 117 sisa 26 belum di undi dan pedagang ayam hidup, parut kelapa dan warung 49 orang dan semuanya sudah ada tempatnya,” papar Rustan.

Dia mengakui hingga sampai saat ini pedagang yang sudah mempunyai tempat dan yang bersedia untuk pindah sekitar 951 pedagang ditambah dengan 620 pedagang yang sudah di undi.
“Dari 951 ini belum termasuk pedagang pasar pagi ya, kurang lebih 400an pedagang,” tambah Rustan

Begitu juga untuk Kios, sekitar 700 kios yang ada dipasar Youtefa lama tempatnya belum ada di Pasar baru, sehingga Dinas Perindagkop akan melakukan pertemuan dengan para pedagang kios untuk mengambil keputusan apakah bisa dipindahkan ke pasar baru youtefa dengan membuat kios sementara.

“Jadi mereka bisa pindah secara bertahap jika kios nya sudah ada sebab tempatnya sudah ada tinggal bangunannya.Maka saya minta kepada Dinas PU kota dalam satu minggu ini untuk membenahi jalan yang ada di dalam untuk akses parkiran, pasang papan pembicara disini parkir pembeli, pedagang sehingga tertata rapi,” ujarnya. (Gracio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here