Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura, Ir. Rudi A. Saragih, saat diwawancara. (Irfan /LPC)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Demi meningkatkan hasil tangkapan nelayan lokal di Kabupaten Jayapura. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura akan beri bantuan 5 unit kapal ikan dan sejumlah perahu motor tempel pada kelompok nelayan lokal yang ada di Pesisir Demta dan sekitarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura, Ir. Rudi A. Saragih mengatakan, bantuan tersebut akan diserahkan untuk kelompok nelayan lokal yang sudah terbentuk dan dibina oleh pemerintah daerah.

“Ya, ada di tahun ini kami akan serahkan kapal ikan 5 unit dan juga sejumlah perahu motor tempel kepada kelompok nelayan lokal yang sudah kita bentuk,” kata Rudi Saragih saat menghubungi wartawan media online ini via telepon seluler, Rabu (26/2/2020) kemarin sore,

Dikatakan, untuk alokasi dan ketersediaan motor tempel dan juga kapal penangkap ikan itu memang sangat terbatas disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang ada yang sudah dialokasikan setiap tahunnya.

Dirinya mengakui permintaan untuk kebutuhan perahu motor tempel dan kapal ikan di wilayah pesisir memang masih sangat tinggi. Akan tetapi, hal itu tentunya harus disesuaikan dengan ketersediaan anggaran pemerintah.

“Kebutuhan memang ada, dan kita berikan kepada kelompok nelayan yang sudah dibentuk dan memang jumlahnya masih terbatas,” katanya.

Lanjut Rudi, saat ini ada beberapa kelompok nelayan lokal khusus perikanan tangkap yang sedang dibina oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Jayapura. Dinas tersebut kini sedang fokus membina nelayan lokal dengan melibatkan nelayan non lokal untuk melatih keterampilan penangakapan ikan tuna di wilayah itu.

Mengingat, wilayah pesisir Demta dan sekitarnya kini menjadi fokus pemerintah untuk mengembangkan produksi perikanan tangkap.

“Kita sedang dorong pengembangan produksi perikanan tangkap di wilayah itu. Harapan kita mereka bisa mandiri,” tutup Rudi Saragih dibalik telepon selulernya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here